SOLOPOS.COM - (id.wikipedia.org)

(id.wikipedia.org)

KARANGANYAR – Sebanyak 44 jabatan eselon III, IV dan V masih kosong. Kekosongan tersebut terjadi lantaran ada pegawai yang sudah memasuki masa pensiun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Karanganyar, Suwarno, mengatakan kekosongan tersebut terjadi sejak tiga bulan yang lalu. “Sesuai instruksi dari bupati, kami baru mempersiapkan untuk pengisian jabatan itu secepatnya,” ujar Suwarno saat ditemui wartawan di Gedung Wanita Karanganyar, Sabtu (7/1/2012) siang. Kendati pihaknya tengah mempersiapkan pengisian jabatan itu, namun BKD tidak mematok harus selesai kapan.

Beberapa jabatan yang kosong itu misalnya Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda, Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) serta beberapa kepala seksi (Kasi) di sejumlah dinas yang kini masih kosong.

Selain itu, beberapa jabatan guru SMP yang setara dengan ketiga eselon itu juga masih kosong. Hanya, ia tidak menyebut secara rinci di sekolah mana saja yang masih kekurangan.

Sementara itu, beberapa bulan yang lalu BKD Karanganyar juga melakukan perhitungan terhadap kebutuhan PNS di Karanganyar. Dari perhitungan itu, BKD menemukan ada dinas yang memang masih kekurangan tenaga, ada pula yang kelebihan. “Untuk saat ini masih banyak membutuhkan tenaga guru SD,” ujarnya. Selain itu, tenaga guru bimbingan dan konseling (BP) serta teknologi informasi (TI) juga masih butuh banyak.

Menurut Suwarno, pihaknya telah mengajukan kekurangan tenaga itu, ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementarian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemen PAN). Pada 2011 lalu BKD Karanganyar telah mengirimkan pemohonan sekitar 300 lowongan ke BKN dan Kemen PAN. “Jadi kedua lembaga itu sudah mengetahui seberapa besar kebutuhan pegawai di Karanganyar” paparnya. Soal nanti akan dikabulkan atua tidak, itu tidak masalah.

JIBI/SOLOPOS/Farid Syafrodhi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya