SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI)

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak 400 Warga Negara Indonesia Overstayers (WNIO) hari ini, Rabu (27/12/2013), kembali ke Tanah Air.

Para WNIO tersebut merupakan kloter ke 12 dari rombongan WNIO yang dipulangkan secara bertahap oleh Pemerintah Saudi Arabia sejak berakhirnya masa amnesti pada 3 November 2013.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam rilis Konsulat Jenderal RI Jeddah yang diterima Bisnis, pagi ini, sebanyak 400 WNIO yang terdiri dari 199 laki-laki, 171 perempuan, dan 30 anak-anak dipulangkan ke Indonesia dengan menggunakan pesawat khusus Saudia Airlines SV 3818.

Para WNIO diberangkatkan pada pukul 08.55 waktu Arab Saudi dan diperkirakan akan tiba di Jakarta pada pukul 19.00 WIB.

Kemudian pada Minggu (29/12/2013), Pemerintah Arab Saudi akan memulangkan kembali sekitar 450 WNIO.

Sebelumnya, selain menggunakan pesawat khusus, Pemerintah Arab Saudi juga telah beberapa kali memulangkan WNIO dengan menggunakan pesawat reguler Saudia Airlines melalui mekanisme block seat serta pesawat khusus Garuda Indonesia.

“Dengan demikian, jumlah WNIO yang telah dipulangkan dari Jeddah ke Indonesia sejak 3 November 2013 hingga saat ini telah mencapai kurang lebih 10.871 orang,” ujar Pelaksana Fungsi Pensosbud – KJRI Jeddah Syarif Shahabudin.

Dia mengemukakan KJRI Jeddah akan terus bekerjasama dengan Pemerintah Arab Saudi dalam membantu dan memfasilitasi proses pemulangan WNIO yang dilakukan dengan menggunakan pesawat khusus maupun reguler, serta pemulangan secara mandiri bagi WNIO yang masuk ke Arab Saudi dengan visa umroh/haji.

“Dengan dipulangkannya WNIO kloter 12 pada hari ini dan kloter 13 pada hari minggu mendatang, maka WNIO yang masih tersisa di tarhil Shumaysi diperkirakan akan berjumlah 596 orang, yang terdiri dari 252 perempuan, 319 laki-laki, dan 25 anak-anak,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya