SOLOPOS.COM - Anggota Kepolisian Paranggupito, Wonogiri, bersama warga Desa Gendakan, Paranggupito, melakukan pemulihan puing rumah yang rusak akibat puting beliung, Sabtu (7/3/2020). (Istimewa/Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI – Puluhan rumah di Desa Gendakan, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah, rusak akibat bencana alam terjangan puting beliung, Sabtu (7/3/2020) dini hari.

Puting beliung disertai hujan deras menerjang wilayah Dusun Puring, Dusun Ngledok, dan Dusun Glagah Ombo, Desa Gendakan. Selain hujan disertai angin, aliran listrik dan sinyal ponsel di wilayah tersebut mati akibat bencana alam tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penemuan Mayat Sragen: Pencari Bekicot Ditemukan Meninggal Tergeletak di Jalan Kampung

Ekspedisi Mudik 2024

Sebanyak 40 rumah di tiga dusun tersebut mengalami kerusakan, terutama di bagian atap. Adapun perincian kerusakan akibat bencana puting beliung Wonogiri yakni tujuh rumah di Dusun Puring, 20 rumah di Dusun Ngledok, dan tiga rumah di Dusun Glagah Ombo.

Camat Paranggupito, Sulistiyani, mengatakan ada satu rumah di Dusun Puring yang tertimpa pohon jati tumbang akibat puting beliung. Rumah tersebut milik Maryadi, 60, warga RT 003/RW 002 Dusun Puring. Saat ini, keluarga yang menghuni rumah tersebut mengungsi ke tempat tetangga.

Potensi Hujan Lebat di Klaten, Warga Tepi Sungai Waspada Banjir

“Selain rumah ada talut sepanjang 40 meter yang ambrol, tepatnya di Dusun Glagah Ombo,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Sabtu siang.

Berunjung tidak ada korban jiwa akibat terjangan puting beliung dan hujan lebat di Paranggupito, Wonogiri. Namun, kerugian material diperkirakan mencapai Rp55 juta.

Magang di UNS Solo, Siswi SMK Boyolali Dapat Hadiah Sepeda Motor

“Saat ini proses pemulihan dilakukan oleh beberapa warga dan aparat setempat,” kata Sulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya