SOLOPOS.COM - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) melihat fasilitas pengisian daya kendaraan listrik di area depan Gedung Ali Wardhana, Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi melakukan serah terima 40 unit mobil listrik Hyundai, terdiri dari 20 unit IONIQ Electric dan 20 unit KONA Electric kepada Susiwijono Moegiarso, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta disaksikan langsung oleh Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Park Tae-Sung, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Rabu (24/11/2021), di Jakarta.

Mobil listrik Hyundai tersebut akan digunakan sebagai kendaraan resmi delegasi G20 pada Pertemuan Sherpa Pertama Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 yang akan terselenggara di awal Desember 2021 mendatang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kolaborasi ini sejalan dengan komitmen jangka panjang pemerintah Indonesia berdasarkan Net Zero Emission Roadmap 2021-2060, di mana pemerintah menargetkan untuk terus mendorong perkembangan kendaraan listrik dengan target penghentian penjualan sepeda motor konvensional pada tahun 2040 dan mobil konvensional pada tahun 2050.

Baca juga: Mobil Listrik Hyundai Jadi Transportasi Resmi Presidensi G20 Indonesia

President of Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters, YoungTack Lee, mengungkapkan Hyundai Motor memimpin Ekosistem EV (electric vehicle) di Indonesia untuk membantu negara mewujudkan mobilitas masa depan yang lebih baik.

“Untuk itu, kami akan terus bekerja sama secara aktif dengan Pemerintah Indonesia. Kami berharap dengan serah terima IONIQ Electric dan KONA Electric sebagai kendaraan resmi Delegasi G20 dapat memperkuat posisi industri otomotif Indonesia di dunia,” jelasnya.

mobil listrik hyundai
(Kiri ke Kanan) Gandi Sulistiyanto, Duta Besar RI untuk Korsel; Susiwijono Moegiarso, Sekretaris Kemenko Perekonomian; Park Tae-Sung, Duta Besar Korsel untuk Indonesia; Airlangga Hartarto, Menko Perekonomian; Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian; SungJong Ha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia; dan YoungTack Lee, President of Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters. (istimewa)

Pada kesempatan itu, Menko Airlangga Hartarto menyatakan mengapresiasi Hyundai Motor atas partisipasinya untuk mendukung G20, terutama dalam pertemuan Sherpa di bulan Desember mendatang.

“Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan dukungan terhadap ekosistem EV yang mana di saat bersamaan juga membantu kesuksesan target pengurangan emisi Indonesia di tahun 2030 mendatang. Kami juga mengapresiasi investasi yang dilakukan oleh Hyundai, yaitu untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat manufaktur pertamanya di ASEAN. Indonesia mengharapkan bahwa kita bersama-sama, termasuk Indonesia dan Korea, bisa membuat perekonomian yang kuat dan berketahanan,” ungkap dia.

Fasilitas Pengisian Daya

Di sela-sela seremoni serah terima mobil listrik Hyundai, Menko Airlangga juga meninjau langsung KONA Electric dan IONIQ Electric yang akan menjadi kendaraan resmi Delegasi G20, serta melihat fasilitas pengisian daya kendaraan listrik yang tersedia di area depan Gedung Ali Wardhana, Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Baca juga: Presidensi G20 Indonesia 2022 Dapat Dukungan dari Berbagai Negara

Sementara itu, tidak hanya IONIQ Electric dan KONA Electric yang membantu menyukseskan sesi pertemuan antarpetinggi negara Delegasi G20. Di akhir Oktober lalu, Hyundai Motor Group juga mengumumkan penunjukan Genesis Model Electrified G80 sebagai mobil resmi VIP untuk para petinggi negara peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali 2022 yang bertemakan Recover Together, Recover Stronger.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya