SOLOPOS.COM - Kegiatan Seminar Nasional bertajuk Mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul & Berprestasi Dunia Di Era Society 5.0 di Hotel Sahid Jaya Solo, Sabtu (23/7/2022).

Solopos.com, SOLO — Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tunas Pembangunan atau UTP Solo mengadakan Seminar Nasional bertajuk Mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul & Berprestasi Dunia Di Era Society 5.0 di Hotel Sahid Jaya Solo, Sabtu (23/7/2022).

Kegiatan ini bagian dari peringatan Dies Natalis ke-42 UTP Solo. Tema ini sengaja dipilih karena untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya olahraga untuk menunjang kebugaran, karakter dan prestasi di era sekarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seminar nasional (semnas) dibuka langsung oleh Dr. Winarti, M.Si selaku Rektor UTP Solo. Dalam sambutannya Winarti tak henti-hentinya mengucapkan rasa terima kasih kepada empat narasumber yang dipilih untuk mengisi acara ini, panitia dari dosen dan tenaga pendidikan FKIP serta seluruh peserta yang hadir pada acara seminar.

Winarti juga menyinggung bahwa olahraga merupakan gaya hidup atau lifestyle yang bagus yang seharusnya tidak ditinggalkan. UTP sebagai salah satu kampus yang terkenal dengan program studi keolahragaannya tentu akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang mengarah keolahragaan.

Agustanico Dwi Muryadi, M.Pd selaku Dosen Pendidikan Jasmani (Penjas) UTP yang ditunjuk sebagai ketua palaksana pada acara semnas ini menyebutkan empat narasumber yang dipilih yaitu Prof. Dr. M. Furqon H, M.Pd (Guru Besar & Kaprodi S3 IOR Fakultas Keolahragaan UNS), Dr. Raden Isnanta, M.Pd (Deputi 3 Kemenpora bidang Pembudayaan Olahraga), Prof. Dr. Joko Pekik I, M.Kes. AIFO (Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY dan Ketua Asosiasi Guru Besar Olahraga) serta Dr. Teguh Santosa, M.Pd (Wakil Rektor 2 UTP Solo).

Baca Juga: Keren! Mahasiswa Solo Ini Raih Medali Perak di PON XX Papua

“Pemilihan 4 narasumber dipilih karena mereka merupakan ahli dibidang masing-masing dan sudah mempunyai pengalaman dibidang olahraga dan segala bentuk permasalahan tentang olahraga serta dapat memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan olahraga yang sedang dihadapi,” ungkap Nico.

Acara dibagi dalam 2 sesi, sesi pertama dimoderaotori oleh Slamet Santoso,M.Pd dan 2 narasumber yang mengisi sesi pertama yaitu Prof. Dr. Joko Pekik I, M.Kes. AIFO yang menyampaikan materi Olahraga sebagai Piranti Membangun Karakter Bangsa (Era Society 5.0) dan yang kedua Dr. Raden Isnanta, M.Pd yang membawakan materi kebijakan dan startegi implementasi dalam mewujudkan Indonesia bugar.

Sesi kedua dimoderatori oleh Rima Febrianti, S.Pd, M.Pd. Pada sesi kedua, narasumber pertama yang mempresentasikan materi adalah Dr. Teguh Santosa, M.Pd yang menyampaikan materi tentang Trining Zone-Panduan Olahraga Minim Risiko. Setelah itu dilanjutkan oleh Prof. Dr. M. Furqon H, M.Pd yang menyampaikan materi Menjaga kebugaran dengan HIIT (High Intensity Interval Training).

Nico mengungkapkan acara semnas ini digelar selain untuk memperingati Dies Natalis ke-42 UTP, semnas ini juga merupakan pengimplementasian dan tindak lanjut dari MoU dan MoA dengan Kemenpora, UNY, dan UNS.

Nico juga menambahkan bahwa output dari semnas ini peserta yang memasukkan artikel nantinya dapat dipublikasikan sebagai prosiding nasional.

Baca Juga: Jos, Atlet Jateng dari UTP Solo Juara Umum Kickboxing PON Papua

Sebagai Ketua Pelaksana Nico merasa puas dan senang dengan pelaksanaan seminar yang digelar oleh FKIP UTP. Persiapan yang hanya 1 bulan menjadi tantangan berat yang di hadapi oleh Nico dan panitia. Meski begitu pelaksanaan semnas berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapannya, yaitu dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya olahraga untuk menciptakan masyarakat yang bugar, berkarakter, dan mempunyai prestasi.

“Senang sekali acara semnas ini berjalan lancar dan tidak ada halangan serta kendala apapun sampai pelaksanaan semnas selesai ,eski Kami hanya diberi waktu satu bulan,” kata dia.

“Harapan saya acara semnas bisa memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya olahraga untuk menciptakan masyarakat yang bugar, berkarakter, dan mempunyai prestasi”, ungkap Nico saat selesai acara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya