4 Tips Merawat Kolam Renang Pribadi di Rumah
Solopos.com|lifestyle

4 Tips Merawat Kolam Renang Pribadi di Rumah

Air kolam renang membutuhkan perawatan teratur agar kadarnya tetap seimbang. Hal ini bertujuan agar kita tidak mengalami iritasi mata dan kulit saat berenang. Ada beberapa bahan kimia yang umum digunakan agar air tetap jernih.

Solopos.com, SOLO -- Mempunyai kolam renang pribadi merupakan impian setiap orang. Selain lebih nyaman untuk berolahraga renang, adanya kolam renang pribadi dapat mempercantik hunian rumah.

Namun, kolam renang yang tak terurus memiliki resiko menjadi sarang penyakit. Alasannya karena nyamuk tertarik dengan genangan air sehingga menjadikannya tempat berkembang biak. Tentu kita tidak mau ada penghuni rumah yang terkena penyakit karena berenang di kolam renang pribadi yang tidak terawat.

Daripada menggunakan jasa tukang pembersih kolam renang yang mengeluarkan biaya lebih banyak, ada berbagai cara merawat kolam renang pribadi yang bisa kita lakukan sendiri. Yuk, simak cara merawat kolam renang pribadi yang dikutip dari rumah.com.

1. Perhatikan kondisi air
Air kolam renang membutuhkan perawatan teratur agar kadarnya tetap seimbang. Hal ini bertujuan agar kita tidak mengalami iritasi mata dan kulit saat berenang. Ada beberapa bahan kimia yang umum digunakan agar air tetap jernih.

Misalnya, klorin yang berfungsi mengikat kotoran agar air kolam tetap bersih. Klorin sebaiknya dimasukkan ke dalam kolam saat sore atau malam karena panasnya sinar matahari bisa menurunkan kadar klorin.

Bahan kimia lain yang bisa dipakai adalah cyanuric acid, yang berfungsi menyeimbangkan pH dalam air agar klorin berfungsi maksimal menjernihkan air. pH air yang direkomendasikan adalah antara 7,2-7,8. Bisa juga algaecide yang mencegah timbulnya lumut di kolam renang.

Baca Juga : Begini Konsep Desain Interior Rumah Minimalis Ala Milenial

Mencegah Lumut dan Bakteri

2. Pel lantai sekitar kolam
Gunanya untuk mencegah bakteri serta mencegah lumut yang akan membuat lantai menjadi licin. Lantai sekitar kolam yang licin berisiko menyebabkan kecelakaan bagi yang melintasinya. Anda bisa menggunakan produk pembersih yang bisa menghilangkan kerak.

3. Bersihkan air dari daun
Lakukan hal ini dengan menggunakan jaring halus untuk mengangkat kotoran berupa daun kering dan kotoran lain yang memicu pertumbuhan bakteri di dalam air.

4. Gunakan penyaring air
Alat ini akan menjaga air kolam tetap bersih dan jernih. Biasanya alat ini berupa penghisap bawah air yang bisa menghilangkan lumut atau kotoran yang mengendap di dasar kolam.




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago