SOLOPOS.COM - Ilustrasi (chicmagz.com)

Ilustrasi (chicmagz.com)

Tidak semua rekan kerja di kantor bisa menyenangkan, kadang Anda bisa saja bertemu dengan tipe pekerja yang sulit diajak kerja sama dan menyebalkan. Kenali beberapa tipe tersebut dan cara bekerja dengan mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Si tukang manipulasi

Tipe pekerja yang satu ini adalah salah satu yang paling sulit untuk dikenali. Mereka biasanya akan menggunakan beberapa cara, mulai dari bersikap sinis, memberi pujian palsu, atau apa saja untuk mendapatkan yang mereka inginkan.

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan tipe pekerja seperti ini, Anda harus bisa bersikap tegas dan utarakan langsung rasa keberatan Anda. Jangan mengikuti permainannya dengan ikut-ikutan bersikap sinis atau menyindir. Lebih baik katakan perasaan Anda, namun jangan bersikap emosional atau malah marah-marah.

Si tukang ngambek

Seperti anak kecil, tipe pekerja ini akan ngambek dan memilih diam untuk menunjukkan kemarahannya. Memang terkesan tidak profesional, tapi itulah yang biasa mereka lakukan apabila ada hal-hal yang tak sesuai dengan keinginannya.

Cara bekerja dengan tipe orang seperti ini memang agak sulit. Pertama, Anda bisa menunjukkan sikap peduli dan bersiap untuk mendengarkannya. Tapi jika itu tidak berhasil, katakan saja bahwa sikap diamnya itu tidak akan membuat masalah selesai dan hanya membuat lingkungan kantor jadi tidak nyaman.

Si ingin tahu

Tipe pekerja yang satu ini selalu ingin tahu urusan orang lain, mulai dari memberikan pertanyaan sederhana hingga yang lebih pribadi.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan sikap keingintahuannya itu, lebih baik pilih untuk tidak menjawab saja. Tidak perlu kasar, tapi Anda bisa mengatakan kalau pertanyaan itu terlalu pribadi untuk dijawab. Jujur saja dan bilang bahwa Anda tidak merasa nyaman untuk membicarakan hal-hal pribadi di kantor.

Si labil

Sikapnya yang labil dan sering berubah-ubah, kadang membuat Anda frustrasi. Mereka selalu tak bisa menentukan apa pun, yang akhirnya membuat pekerjaan Anda jadi tertunda.

Apabila ini yang terjadi, maka mau tak mau Anda harus bisa menjadi orang yang tegas padanya. Anda bisa menyarankan untuk membagi-bagi tugas, agar pekerjaan bisa segera selesai. Bekerja dengan orang seperti ini, Anda tidak bisa cuek, karena bisa-bisa Anda pun ikut ‘jatuh’ bersamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya