SOLOPOS.COM - RSUD Dr Moewardi Solo. (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO -- RSUD dr Moewardi Solo saat ini merawat empat tenaga medis terkonfirmasi positif Covid-19. Dari empat tenaga medis itu, dua orang di antaranya bertugas di rumah sakit di Jebres, Solo, tersebut.

Keempat tenaga medis yang dirawat di RSUD dr Moewardi itu merupakan dokter. Salah seorang anggota dewan pengawas RSUD dr Moewardi Solo, Reviono, membenarkan kabar tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

3 Pasien Positif Covid-19 di Boyolali, 7 PDP Meninggal, Ini Daftarnya

“Iya betul, ada dua dokter RSDM [RSUD dr Moewardi] yang tertular Covid-19. Ini selain dua dokter yang sudah dirawat sebelumnya. Mereka berdua kan bukan dokter RSDM,” kata dia melalui layanan perpesanan Whatsapp kepada Solopos.com, Selasa (21/4/2020).

Reviono berharap jumlah tenaga medis yang positif Covid-19 di Soloraya cukup empat orang itu saja. "Saya harap empat saja. Kalau bisa yang lain jangan menyusul," kata dia.

Pasien Positif Corona di Wonogiri Bertambah, Dirawat di Solo

Reviono mengaku tak bisa menjelaskan lebih detail terkait identitas keempat dokter yang positif Covid-19 itu. Namun dia memastikan keempatnya merupakan dokter spesialis.

Tenaga medis yang positif Covid-19 tersebut tertular dari rekan sejawat mereka. Reviono menyebut salah satu dokter itu baru selesai melakukan tindakan medis di zona merah.

Nakes Mojolaban Sukoharjo Positif Covid-19 dan 2 Anggota Keluarganya Dijemput Ke RS

Tapi, dia tidak sadar sudah tertular dan bertemu teman-teman lain. "Jadi dokter yang tertular pertama ini tertular dari pasiennya, lalu dia menularkan ke yang lain,” ungkapnya.

Tunggu Hasil Tes Swab

Reviono mengatakan secara klinis keempat dokter dalam kondisi baik.

Jokowi Melarang Semua Warga Mudik, Bisa Dipenjara Setahun Jika Nekat

Reviono menyampaikan dua dari empat tenaga medis yang positif Covid-19 tersebut kondisinya sempat memburuk beberapa waktu lalu. Namun, kesehatan keduanya kemudian membaik.

Kini para tenaga medis itu tinggal menunggu hasil tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) menyatakan negatif. “Untuk dinyatakan sembuh, hasil uji swab PCR harus dua kali negatif,” kata dia.

Kasus Positif Covid-19 Terbanyak di Soloraya, Sukoharjo Kumpulkan Data Pendukung PSBB

Sementara itu, berdasarkan data dalam laman resmi Covid-19 Jateng, RSUD dr Moewardi Solo tercatat merawat 13 pasien positif Covid-19 hingga Selasa (21/4/2020).

Jumlah ini bertambah enam orang dibandingkan data pada Minggu (19/4/2020) di mana RS milik Pemprov Jateng itu masih merawat tujuh pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya