[ X ] CLOSE

4 Takjil Favorit Warga Soloraya, Mana Kesukaanmu?

Dari gorengan sampai teh maniis, inilah deretan takjl favorit warga di Soloraya.
4 Takjil Favorit Warga Soloraya, Mana Kesukaanmu?
SOLOPOS.COM - Sejumlah ibu rumah tangga (IRT) berjualan takjil di Rest Area Pandes, Kecamatan Wedi, Senin (19/4/2021). Separuh hasil penjualan takjil bakal dibagikan ke warga kurang mampu. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, SOLO – Bukan hal sulit menemukan penjual takjil di pinggiran jalan kawasan Soloraya saat Ramadan tiba. Hampir semua jenis makanan mulai dari yang ringan sampai berat sangat mudah ditemukan. Tapi, tahukah Anda apa takjil favorit yang selalu diburu warga Soloraya setiap Ramadan?

Belakangan ini ada banyak jenis makanan kekinian yang dijajakan di Soloraya. Mulai dari makanan Jepang, Eropa, hingga yang sedang hits adalah masakan khas Korea. Meski demikian, aneka makanan tersebut tidak cukup mampu menggeser posisi kuliner tradisional di Soloraya yang selalu diminati setiap generasi untuk berbuka puasa.

Penasaran apa saja takjil yang digemari warga Soloraya? Simak ulasan berikut:

Baca juga: 3 Pentol Lezat & Ngehits di Sragen, Mana Favoritmu?

Gorengan

Gorengan menempati posisi pertama daftar takjil favorit warga Soloraya. Dari sekian banyak penjaja takjil, bakul gorengan selalu menjadi primadona dan dagangannya bisa dibilang selalu habis pertama di antara pedagang lainnya.

Fenomena antrean warga membeli gorengan menjelang berbuka puasa terjadi di hampir setiap tempat, termasuk di sekitar tempat tinggal saya di Desa Ngringo, Jaten, Karanganyar. Di desa saya ada banyak penjual gorengan yang selalu ramai pembeli menjelang berbuka puasa.

Salah satu bakul gorengan paling ramai di Ngringo terletak di pojokan Indomaret Gunung Wijil. Anda dijamin bakal kalap saat melihat aneka gorengan hangat yang baru diangkat dari wajan. Ada pisang, tape singkong, sukun, tahu susur, bakwan, tempe goreng, gembus goreng, hingga timus, dan limpung. Nah loh ngiler enggak tuh.

Baca juga:  Bikin Geger! Wanita Misterius Mau Bawa Kabur Bayi Warga di Kedungringin Wonogiri

Es Buah

Kalau soal minuman, warga Soloraya biasanya memilih es buah atau es teler sebagai takjil. Minuman segar dengan aneka buah ini tentu akan menyegarkan tenggorokan yang kering setelah seharian menahan dahaga.

Bukan perkara sulit menemukan pedagang es buah atau es teler. Sebab dua minuman ini jelas sangat dicari oleh warga.

Baca juga: 2 Truk Tabrakan di Jalan Solo-Semarang Boyolali, 1 Orang Meninggal

Kolak

Orang Soloraya suka makan manis-manis? Mungkin benar. Sebab, salah satu takjil yang selalu hadir saat Ramadan di Soloraya adalah kolak.

Makanan yaang dibuat dari pisang, ubi, maupun labu kuning yang diberi kuah santan dan gula merah ini tidak pernah absen saat Ramadan tiba. Makan kolak saat buka puasa dijamin mengenyangkan. Jika ingin lebih segar Anda bisa menambahkan es batu ke dalamnya.

Baca juga: Legend! Jualan Sejak 1987, Pentol Mbah Darto Sragen Paling Favorit

Teh Manis 

Kebiasaan yang mengakar pada kultur masyarakat Soloraya adalah berbuka puasa dengan teh manis hangat atau ditambah es. Sebelum menyantap apapun, saat azan magrib berkumandang maka teh manis adalah minuman pertama yang dicari dan diteguk.

Segelas teh hangat dan suguhan gorengan sebagai takjil akan selalu Anda temukan di berbagai tempat di Soloraya. Kalau di tempat Anda apa makanan wajib yang disantap saat buka puasa?



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago