SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus Covid-19 varian Omicron. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada empat sifat Covid-19 varian Omicron yang mengkhawatirkan. Sebagaimana diketahui varian baru Covid-19 ini memiliki karakteristik berbeda dibandingkan varian sebelumnya yaitu Delta.

Peneliti Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Profesor Amin Soebandrio, menyebut ada empat sifat yang sejauh ini mengkhawatirkan dari Covid-19 varian Omicron. Yang pertama adalah kemampuan menularnya yang lebih cepat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sifat varian Omicron kedua yang mengkhawatirkan adalah kemungkinan tak terdeteksi pemeriksaan PCR. Sifat pertama diduga berdasarkan penyebaran yang sudah terjadi di beberapa negara seperti Afrika Selatan dan Inggris. Sementara yang kedua, menurut temuan jenis mutasi yang berbeda yang dialami sebagian virus varian Omicron itu yang dikenal sebagai fenomena S Gene Target Failure (SGTF).

Baca Juga: Musikus Brian May Umumkan Positif Covid-19

Lalu, sifat ketiga adalah tidak adanya perbedaan gejala klinis yang menonjol dari infeksi varian lain yang sudah dikenal sebelumnya, bahkan gejala klinis sebagian besar pasiennya tergolong ringan.

Sifat keempat, yakni adanya kemungkinan varian tersebut lolos dari antibodi, baik yang berasal dari vaksinasi, terapi atau obat, maupun infeksi alami. Kemungkinan tersebut terkait dengan besarnya jumlah temuan mutasi yang ditemukan di bagian protein paku si virus.

Selama ini bagian protein itulah yang menjadi rujukan banyak pengembangan vaksin yang sudah dilakukan. Jika varian Omicron memiliki protein paku yang berbeda, tentu efikasi vaksin yang sudah ada bisa terpengaruh.

“Itu empat sifat yang dikhawatirkan ada di Omicron ini,” kata Amin seperti dikutip dari Bisnis.com pada Minggu (19/12/2021).

Baca Juga: Benarkah Kecerdasan Anak Diturunkan oleh Ibu? Ini Penjelasannya

Mantan Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman itu pun menekankan bahwa siapapun tidak bisa membedakan varian virus mana yang sedang beredar di lingkungan masing-masing. Varian itu, kata Amin, hanya bisa diketahui jika dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

Oleh karena itu, ia menekankan apapun varian dari virus penyebab Covid-19 termasuk varian Omicron, upaya yang harus dilakukan adalah sama: protokol kesehatan, 3T (pengujian, pelacakan kontak, dan pengobatan), dan vaksinasi Covid-19. “Protokol kesehatan harus dilakukan secara konsisten, terus menerus, tidak boleh kendor,” tuturnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya