SOLOPOS.COM - Ilustrasi miras oplosan. (Freepik.com)

Solopos.com, JOGJA — Aparat Polresta Jogja meringkus empat penjual minuman keras atau miras jenis oplosan. Tidak hanya memperdagangkan miras oplosan jenis ciu, para pelaku itu juga menjual miras oplosan gedang klutuk.

Keempat penjual miras oplosan itu ditangkap polisi, Senin (30/1/2023). Penangkapan dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat terkait penjualan miras oplosan yang mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Humas Polresta Jogja, AKP Timbul Sasana Raharja, menjelaskan penangkapan tersebut dilakukan pada Senin siang pukul 11.00 WIB. “Kami juga menyita barang bukti berupa beberapa botol miras itu juga,” ujarnya, Rabu (1/2/2023).

Ekspedisi Mudik 2024

Empat orang yang ditangkap tersebut masing-masing menjual miras di rumahnya. Operasi penangkapan tersebut pertama kali dilakukan di Kemantren Gedongtengen, di mana tersangka BS, 29, menjual miras oplosan.

“Di Gedongtengen kami sita satu ember isi miras oplosan,” kata Timbul.

Penangkapan kedua, lanjut Timbul, dilakukan di Kemantren Pakualaman dengan tersangka MR, 29. “Kalau di Pakualaman kami bawa 10 botol ciu, enam botol jamu, dan tujuh botol fermentasi pisang [gedang] klutuk,” jelasnya.

Sedangkan lokasi penangkapan ketiga dilakukan di Kemantren Umbulharjo. “Tersangka di Umbulharjo adalah SD, 33 tahun, kami sita 81 botol miras berbagai merek,” kata Timbul.

Lokasi penangkapan terakhir di Kemantren Gondokusuman dengan tersangka PR, 49, dimana polisi menyita empat botol miras. “Semua tersangka sedang diselidiki dan diproses hukum,” ujarnya.

Timbul berpesan pada masyarakat untuk tidak mengonsumsi miras apalagi berjenis oplosan. “Sudah banyak kasus miras oplosan berbahaya, ini bentuk antisipasi kami,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya