[x] close
4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka
Solopos.com|soloraya

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Solopos.com, SOLO — Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Solo memastikan mal dan pusat perbelanjaan modern boleh tetap buka mesti ada temuan kasus positif Covid-19 berdasar hasil tes antigen secara acak sejak Senin (10/5/2021).

Total ada empat orang yang positif Covid-19 setelah mengikuti tes antigen secara acara di pusat perbelanjaan Solo, Senin dan Selasa (11/5/2021). Satu orang yakni mitra kerja Solo Grand Mall ditemukan positif Covid-19 saat tes antigen pada Senin.

Sedangkan tiga orang lainnya terkonfirmasi positif Corona berdasarkan hasil tes antigen pada Selasa. Total jumlah orang yang mengikuti tes antigen secara acak di sejumlah mal Kota Solo mencapai 800-an orang dalam dua hari itu.

Baca Juga: Tes Antigen Acak Di Mal Solo, 1 Orang Mitra Kerja SGM Positif Covid-19

Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga Ketua Pelaksana Satgas Covid-19 Solo, Ahyani, mengatakan empat orang yang hasil antigennya positif itu termasuk orang tanpa gejala (OTG). Mereka diminta menjalani karantina di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Ahyani mengatakan meski ada temuan kasus positif, tidak ada lockdown ataupun penutupan total tempat perbelanjaan dan mal Solo. Pemkot hanya meminta agar manajemen mal meningkatkan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan.

“Enggak lockdown. Kalau kami tutup, mereka hidup dari mana. Maka didisiplinkan saja soal protokol kesehatannya. Kami minimalkan untuk menutup lapak di tempat orang yang terkonfirmasi positif, tapi lainnya tidak,” jelasnya kepada wartawan, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga: Tes Antigen Acak Di Mal Solo Berlanjut, 3 Orang Lagi Positif Covid-19

Tracing

Sebelumnya, Pemkot melalui Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mengadakan tes antigen massal secara acak di sejumlah mal Kota Solo mulai Senin (10/5/2021). Hasilnya ada yang satu orang yang positif di Solo Grand Mall (SGM).

Hal itu ditindaklanjuti dengan tracing pada Selasa dengan menyasar sekitar 800 orang di mal tersebut. Selain SGM, Pemkot menggelar tes antigen di Solo Paragon Mall dan Solo Square Mall.

Hasilnya pada Selasa ada tambahan tiga orang yang positif. Tes antigen ini digelar untuk antisipasi menjelang Lebaran di mana biasanya jumlah pengunjung mal meningkat.

Baca Juga: Antisipasi Keramaian, Pemkot Solo Swab Acak Pengunjung di 3 Mal

Pemkot Solo mendesak manajemen mal untuk memperketat penerapan protokol kesehatan. Hal itu khususnya pada pembatasan jumlah pengunjung.

Sebelumnya, seluruh area mal telah disemprot cairan disinfektan sejak Senin (10/5/2021). Rencananya, penyemprotan ini bakal berlanjut hingga Rabu (12/5/2021).


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago