SOLOPOS.COM - Ilustrasi mandi di malam hari. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Selama ini mandi di malam hari diyakini dapat menyebabkan rematik, penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi. Karena itu tak jarang kita menghindari aktivitas ini saat malam tiba.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito Anggarino Damay mengatakan sebenarnya tidak ada hubungannya antara mandi di malam hari dengan penyakit rematik. Namun, jika Anda mandi menggunakan air dingin di malam hari, Vito menyarankan untuk mengetahui kondisi tubuh, apakah saat ini Anda sedang sehat atau sakit, mengetahui suhu udara saat itu, hingga suhu air.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Justru ada beberapa manfaat yang diperoleh ketika kita mandi malam,” kata Vito melalui akun Instagramnya, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: Ketahui 5 Postur Buruk untuk Tubuh dan Kesehatan

Lalu, apa saja manfaat mandi di malam hari? Berikut ini manfaatnya seperti dikutip dari Bisnis.com pada Kamis (25/11/2021):

1. Membantu Anda tidur lebih cepat dan berkualitas

Mandi di malam hari, terutama menggunakan air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan cepat mengantuk. “Khususnya, untuk Anda yang sibuk seharian hingga susah tidur karena nyeri otot dan pegal-pegal, mandi malam menggunakan air hangat bisa mengistirahatkan otot-otot tubuh yang tegang dan kaku. Jadi, tidurmu bisa jauh lebih nyenyak,” ungkapnya.

Baca Juga: Bisakah Wanita Mengalami Kanker Prostat? Ini Penjelasannya

2. Membantu mengurangi stres

Stres menjadi salah satu pengganggu tidur di malam hari. Apalagi setelah Anda melakukan aktivitas padat seharian, pikiran Anda mungkin lebih rentan dilanda stres yang bisa mengganggu tidur Anda. Tahukah Anda, ternyata mandi di malam hari akan merangsang produksi senyawa endorphin dan noradrenalin dalam tubuh, yang manfaatnya serupa dengan obat anti depresan sehingga membuat Anda merasa lebih rileks dan tenang.

3. Menurunkan tekanan darah

“Penurunan tekanan darah akibat mandi di malam hari akan berdampak baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, apalagi dengan air hangat,” katanya. Ini akan meningkatkan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Ingin Bobok Pulas? Lakukan Kebiasaan Ini Sebelum Tidur

4. Baik untuk kesehatan kulit

Setelah beraktivitas sepanjang hari, kulit kita berkeringat dan berminyak. Jika dibiarkan, bau badan, jerawat hingga alergi bisa saja terjadi. Mandi adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan untuk membersihkan kulit dari tumpukan kotoran, sehingga tidur Anda menjadi lebih nyaman karena tubuh Anda bersih dan wangi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya