4 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Risiko Demensia

Sejumlah studi menunjukkan bahwa kopi memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.
4 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Risiko Demensia
SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum kopi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Di balik kepopulerannya sebagai minuman yang banyak disukai dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan, sejumlah studi menunjukkan bahwa kopi memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut dimungkinkan karena ia mengandung ratusan senyawa bioaktif, di antaranya kafein, dan asam klorogenat.

Dilansir dari jurnal Farmaka, asam klorogenat di kopi mengandung antioksidan serta dapat menjadi antihipertensi, antidiabetes, dan hepatoprotektor yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, dalam kopi terdapat pula trigonelin yang bisa meredakan sakit kepala dan meningkatkan konsentrasi, serta kafestol dan kahweol yang mana merupakan senyawa antiradang.

Dikutip dari Healthine dan Bisnis.com, Senin (6/12/2021), berikut adalah manfaat kopi untuk kesehatan.

1. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat kopi bagi kesehatan tubuh adalah meningkatkan fungsi otak. Kafein adalah stimultan yang dapat memblokir adenosin, neurotransmitter termasuk noradrenalin, dopamin, dan serotonin. Oleh sebab itu, meminum kopi bisa meningkatkan suasana hati dan fungsi otak, serta mempengaruhi produktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Dalam hal ini, Anda pun jadi lebih fokus dalam belajar dan menjaga kewaspadaan.

Baca Juga: Ini Pemicu Kontraksi Palsu, Salah Satunya Berhubungan Intim Saat Hamil

2. Mempertajam daya ingat

Sejumlah penelitian menunjukkan kafein memiliki efek positif yang signifikan pada memori jangka pendek dan jangka panjang. Ia dapat merangsang otak mengingat suatu hal yang mungkin dilupakan.

3. Menurunkan risiko penyakit otak

Dilansir dari Medical News Today, seseorang yang meminum 2-3 cangkir kopi per hari, 28 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena demensia bila dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh atau kopi.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Kontraksi Palsu Seperti Dialami Nathalie Holscher

Di sisi lain, sebuah studi observasional menunjukkan konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko hingga 65 persen lebih rendah terkena Alzheimer. Selain itu, kandungan kafein pada kopi juga dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson 29 persen lebih rendah.

4. Menghilangkan rasa lelah

Seperti yang telah disebutkan di awal, kafein dalam kopi dapat memblokir reseptor adenosin. Jadi, tidak heran jika kafein bisa menekan rasa lelah dan kantuk. Namun, perlu diketahui, Food and Drug Administration (FDA) telah menyatakan bahwa orang dewasa yang sehat hanya boleh mengonsumsi sekitar 4-5 cangkir per hari agar terhindar dari efek samping yang berpotensi berbahaya.

 


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago