SOLOPOS.COM - Para mahasiswa PWK ITNY magang di Pusat Riset Aplikasi Penginderaan Jauh, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Jakarta. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 4 mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) melaksanakan magang dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Pusat Riset Aplikasi Penginderaan Jauh, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Jakarta.

Magang ini terlaksana melalui skema Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka dengan dosen pembimbing Iwan Aminto Ardi, S.T., M.Sc. Kegiatan ini juga merupakan bentuk implementasi kerja sama antara ITNY dan Lapan. Magang ini akan berlangsung selama empat bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelumnya, diskusi terkait persiapan pelaksanaan magang digelar pada 7 Oktober 2021 secara virtual. Sedangkan pelepasan mahasiswa magang pada 13 Oktober 2021 yang diterima langsung oleh Lapan di Kantor Pusat Riset Aplikasi Penginderaan Jauh.

Baca juga: Gelar Workshop Kewirausahaan, ITNY Jogja Siap Cetak Technopreneur Muda

Ketua Program Studi PWK ITNY, Yusliana, S.T., M.Eng, mengaku senang keempat mahasiswanya berkesempatan belajar pemanfaatan data penginderaan jauh maupun manajemen dan proses bisnis di Lapan. “Kalian harus bisa mengembangkan diri melalui berbagai inovasi dalam pemanfaatan data penginderaan jauh. Belajarlah melalui diskusi dan praktik bersama bapak ibu mentor,” jelas Yusliana.

Sementara itu, Koordinator Deseminasi Pusat Riset Aplikasi Penginderaan Jauh, Priyatna, M.Si. menerima dengan baik kehadiran mahasiswa untuk magang di Lapan. Ia telah menunjuk beberapa staf Lapan untuk menjadi mentor yang akan mendampingi dan memberikan arahan bagi mahasiswa dalam kegiatan sehari-hari.

“Saya berharap wujud kemanfaatan kerjasama bagi mahasiswa tidak hanya sebatas pada kegiatan magang saja, tetapi berlanjut dalam kegiatan penyusunan tugas akhir mahasiswa, dan kajian-kajian lain yang dilakukan bersama-sama dengan staf dosen di ITNY,” ungkap Priyatna.

Baca juga: ITNY Bareng TNI Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Mahasiswa dan Umum

Sementara, dalam kesempatan terpisah, Plt. Kepala Pusat Riset Aplikasi Penginderaan Jauh, Dr. M. Rokhis Khomarudin, M.Si., sangat mendukung kegiatan ini sehingga ia memberikan kesempatan pertama untuk mahasiswa ITNY untuk melaksanakan magang di tahun ini. “Silakan gali seluas-luasnya sumber pengetahuan yang ada di Lapan ini, khususnya dalam pemanfaatan data penginderaan jauh untuk berbagai bidang,” pungkas Rokhis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya