SOLOPOS.COM - Sendang Drajat Gunung Lawu. (Instagram/@Gunung Lawu 3265 Mdpl)

Solopos.com, KARANGANYAR — Terdapat beberapa larangan yang harus dipatuhi pendaki Gunung Lawu ketika singgah di Sendang Drajat yang dikenal keramat dan ajaib.

Sendang Drajat berada di dekat pos V, sebelum puncak Gunung Lawu. Di sini, terdapat sumur yang memiliki kedalaman dua meter. Sumur ini digunakan pendaki sebagai sumber mata air yang langsung bisa diminum tanpa perlu dimasak terlebih dahulu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Konon katanya, mata air  ini dahulu digunakan sebagai pemandian Prabu Brawijaya V. Air ini dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dikutip dari Merbabu.com, air di sendang ini juga dipercaya bisa memberikan mukjizat. Konon katanya, dengan mandi di sendang ini dalam hitungan ganjil, maka bisa meningkatkan derajat atau pangkat seseorang.

Baca Juga: Sendang Drajat, Tempat Keramat Nan Ajaib di Gunung Lawu

Menurut pengelola akun Facebook Gunung Lawu 3265 Mdpl, terdapat empat larangan yang harus dipatuhi oleh pendaki ketika singgah di Sendang Drajat. Berikut ini di antaranya.

  1. Dilarang berfoto dengan pose menghina atau merendahkan Sendang Drajat.
  2. Dilarang masuk ke dalam sendang dengan menggunakan alas kaki (wajib melepas sandal/sepatu).
  3. Dilarang cuci muka/cuci kaki/cuci tangan di dalam sendang.
  4. Dilarang menaruh benda apa pun ke dalam sendang, seperti uang, kain serta bunga atau sesajen yang lama-lama akan membusuk dan mencemari air sendang.

Baca Juga: Museum Tertua Indonesia Ternyata Ada di Solo, Usianya Lebih dari 1 Abad

Sebagai informasi, air di Sendang Drajat Gunung Lawu ini tak pernah habis meski kerap diambil terus menerus untuk minum. Oleh sebab itu, banyak yang menyebut Sendang Drajat ini ajaib.

Diberitakan sebelumnya, ada seorang pendaki bernama Boy berasal dari Jawa Timur yang nekat buang air kecil di Sendang Drajat. Akibatnya, tubuh dia kaku bak mayat. Bahkan, untuk turun menuju basecamp dia harus ditandu teman-temannya.

Baca Juga: Pipis di Tempat Keramat Gunung Lawu, Tubuh Pendaki Ini Kaku Bak Mayat

Akibat perbuatannya tersebut,  dia dilarang untuk mendaki Gunung Lawu selamanya dari semua jalur pendakian.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya