SOLOPOS.COM - Ustaz Yusuf Mansur. (Suara.com)

Solopos.com, SOLO — Ustaz Yusuf Mansur sedang menjadi sorotan banyak pihak akibat kontroversi kasus dugaan penipuan investasi. Hal itu membuat banyak komentar miring dialamatkan kepada dirinya.

Meskipun demikian, tudingan Yusuf Mansur penipu bukan hanya terjadi kali ini. Ada beberapa kontroversi lain terkait pengasuh Pondok Pesantren Daarul Quur’an tersebut. Dikutip dari Suara.com, Rabu (22/12/2021), berikut informasi selengkapnya:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Orang ketiga rumah tangga Marshanda

Pada 2014 lalu Yusuf Mansur sempat disebut-sebut sebagai orang ketiga yang menyebabkan perceraian artis Marshanda dengan Ben Kasyafani. Marshanda dikabarkan menceraikan Ben karena ikut organisasi keagamaan yang diasuh Ustaz Yusuf Mansur. Akan tetapi kabar itu segera ditampik oleh para pihak bersangkutan baik Yusuf Mansur, Marshanda, dan Ben Kasyafani.

Baca juga: Ustaz Yusuf Mansur Digoyang Tudingan Investasi Bodong Batu Bara

Investasi Condotel Moya Vidi

Pada 2017, Yusuf Mansur dilaporkan sejumlah orang asal Surabaya, Jawa Timur, terkait nvestasi Condotel Moya Vidi di Yogyakarta yang dinilai bermasalah.

Setelah sebelumnya pada tahun 2016 kuasa Hukum para korban, Sudarso Arief Bakuma melaporkannya ke Bareskrim Polri atas tuduhan Tindak Pidana Penipuan dan Penggelapan. Namun Yusuf Mansur menegaskan proyek hotel tersebut bukan miliknya.

Polemik Hotel Siti

Kontroversi selanjutnya yaitu Ustaz Yusuf Mansur dituding sebagai penipu akibat polemik Hotel Siti di Tangerang, Banten. Hotel tersebut dibangun dengaan patungan anggota Koperasi Merah Putih bentukannya dengan total 2.900 anggota. Akan tetapi pada perjalanannya proyek tersebut bermasalah dan Yusuf Mansur pun kembali dituntut bertanggung jawab.

Baca juga: Cerita Ustaz Yusuf Mansur Lunasi Utang Rp1,4 Miliar dengan Sedekah

Investasi Berkonsep Sedekah

Kabar terbaru menyebutkan Ustaz Yusuf Mansur dituding sebagai penipu terkait kasus investasi berkonsep sedekah pada 2021. Pada awal Desember 2021, sebanyak 12 orang menyatakan sebagai investor pembangunan Hotel Siti menggugat Perdata Yusuf Mansur ke Pengadilan Negeri Tangerang. Karena tak mendapat respon, mereka kemudian menggugat ke Pengadilan.

Yusuf Mansur menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak akan lari dan bersembunyi sebab sejak tahun 2016 kasus seperti ini telah sering muncul.

Akan tetapi di setiap kasus di daerah oleh polisi diterbitkan SP3 (Surat perintah penghentian penyidikan) karena tak cukup bukti. Yusuf Mansur juga mengaku telah mengembalikan uang investasi kepada sekitar 2.900 investor.

Baca juga: Sentil Ade Armando, Ustaz Yusuf Mansur Jelaskan Polemik Hotel Siti

Investasi Bodong Batu Bara 

Jauh sebelum membuat investasi patungan usaha hotel apartemen dan patungan aset pada 2012, Ustaz Yusuf Mansur sudah membuat investasi bisnis batu bara di Kalimantan Selatan pada 2009.

Investasi itu digalang di Masjid Darussalam, Kota Wisata Cibubur, Jakarta Timur. Investor yang diajak adalah jamaah Masjid Darussalam yang notabene dari kalangan menengah ke atas.

Investasi bernilai miliaran rupiah tersebut kini tidak ada kejelasan. Ada sekitar 250 orang yang menginvestasikan dana hingga lebih dari Rp50 miliar.

Baca juga: Disebut Yahya Waloni Penipu, Yusuf Mansur Bilang Gini…

Kepada Solopos.com, Yusuf Mansur  menjelaskan kontroversi tersebut. Dia menegaskan dirinya tidak pernah menipu dalam bisnis batu bara di Kalimantan Selatan pada 2009.

Informasi yang dihimpun Solopos.com menyebutkan, untuk bisa berhubungan dengan jemaah Masjid Darussalam, Ustaz Yusuf Mansur menggandeng Bank Muamalah wa Tanwil (BMT) Darussalam Madani yang ada di masjid tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya