;

4 Kepala Daerah di Jateng Ini Mengakhiri Masa Jabatannya Minggu Ini

Berikut nama-nama kepala daerah di Jawa Tengah (Jateng) yang mengakhiri masa jabatannya pada Minggu (22/5/2022).
SHARE
4 Kepala Daerah di Jateng Ini Mengakhiri Masa Jabatannya Minggu Ini
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelantikan kepala daerah (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak empat kepala daerah di Jawa Tengah (Jateng) akan mengakhiri masa jabatannya pada Minggu (22/5/2022). Keempat daerah itu yakni Kota Salatiga, Kabupaten Jepara, Batang, dan Banjarnegara.

Kepala daerah di empat kabupaten/kota itu pun sudah tidak lagi menjabat mulai Senin (23/5/2022). Mereka adalah Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, dan pasangannya, Wakil Wali Kota Salatiga, Muh Haris.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Kemudian, Bupati Jepara, Dian Kristiandi, Plt Bupati Banjarnegara, Syamsudin, dan Bupati Batang, Wihaji, dan pasangannya Wakil Bupati Batang, Suyono.

Posisi mereka pun akan digantikan penjabat, atau pemegang jabatan sementara yang berasal dari pejabat Golongan IVC Pemprov Jateng hingga nama kepala daerah terpilih dalam Pilkada 2024 ditetapkan.

Meski demikian, hingga kini belum diumumkan secara resmi pejabat yang akan menggantikan posisi kepala daerah yang masa jabatan berakhir. Namun dari kabar yang beredar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng N. Rachmadi, akan diangkat sebagai Pj Wali Kota Salatiga menggantikan Yuliyanto.

Baca juga: Gantikan Yuliyanto, Sinoeng Jabat Pj Wali Kota Salatiga

“SK-nya saya belum terima. Tapi, informasinya Pak Sinoeng. Beliau [saat ini] menjabat Kepala Disporapar Jateng,” ujar Sekda Kota Salatiga, Wuri Pujiastuti, kepada Solopos.com, Sabtu (21/5/2022) malam.

Dari empat kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada Minggu ini, hanya Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, yang tidak bisa mencalonkan kembali sebagai kepala daerah di Salatiga. Hal ini dikarenakan Yuliyanto sudah menjalankan jabatannya sebagai kepala daerah di Salatiga selama dua periode.

Sementara itu untuk tiga kepala daerah lainnya masih berpeluang kembali menjabat sebagai bupati di daerahnya. Baik Wihaji, Dian Kristandi, maupun Syamsudin masih bisa mencalonkan diri sebagai kepala daerah di daerahnya alam kontestasi pemilihan kepala daerah pada 2024 nanti karena baru satu periode menjabat.

Baca juga: Daerah di Jateng yang Jabatan Kepala Daerah Berakhir Tahun Ini

Sekadar informasi untuk Dian Kristiandi dan Syamsudin keduanya pada kontestasi pilkada sebelumnya terpilih sebagai wakil bupati. Mereka menjabat sebagai bupati maupun pelaksana harian (plh) bupati karena bupati sebelumnya tersandung kasus hukum.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago