SOLOPOS.COM - Ilustrasi BMKG. (bmkg.go.id)

Solopos.com, SURABAYA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur (Jatim) menyebutkan empat kabupaten di Jatim memasuki musim hujan lebih awal pada September dasarian I.

Wilayah yang dimaksud Kabupaten Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo, dan Kediri. Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Timur, Ahmad Lutfi, mengatakan wilayah tersebut memasuki musim hujan pada September dasarian I.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagai informasi dasarian adalah satuan waktu meteorologi yang lamanya adalah sepuluh hari. “Sedangkan wilayah yang paling akhir memasuki musim hujan paling akhir tahun ini diprakirakan terjadi di bagian timur, yakni Situbondo pada November dasarian III,” ujarnya, Selasa (13/9/2022).

Ia mengatakan puncak musim hujan diperkirakan pada Desember sampai Februari 2023. Selain itu curah hujan diprakirakan sebesar 500 sampai dengan 2.500 mm. Ia mengatakan wilayah Jatim terbagi menjadi 74 Zona Musim (ZOM) berdasarkan pantauan dan prakiraan dinamika atmosfer laut serta pengolahan data hujan.

“Perkembangan Monsun Asia sebagai indikasi masuknya musim hujan diprediksi pada November 2022 mulai memasuki wilayah Indonesia dengan intensitas yang relatif sama dengan klimatologisnya,” ujarnya.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Madiun Selasa: Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sementara itu prakiraan cuaca wilayah Jawa Timur dan sekitarnya pada Selasa ini diprediksi cerah dan berawan pada pagi hari. Kemudian diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan sampai sedang dan hujan lebat disertai petir pada siang dan sore hari.

Suhu udara terpantau sekitar 14 sampai dengan 34 derajat Celsius dengan tingkat kelembaban udara 50 sampai dengan 100 persen. Untuk arah angin dominan dari Tenggara-Timur dengan kecepatan 05-30 kilometer per jam.

Masyarakat diminta waspada terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang sampai sore hari di wilayah Batu, Kabupaten Probolinggo, dan Situbondo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya