SOLOPOS.COM - Alif Setiawan (Istimewa/Keluarga Alif)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Alif Setiawan, 39, warga Pendowo RT 001 RW 006 Joho, Kabupaten Sukoharjo yang hilang saat bersepeda sejak Minggu (26/7/2020), bertahan hidup dengan makan dan minum tebu.

Selain itu, Alif yang memiliki penyakit gangguan kejiwaan ini juga tidur di emperan bengkel. Hal itu diungkapkan sang adik, Ipung Nurcahyo, 35 kepada Solopos.com, Jumat (31/7/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Ipung, cerita itu diperolehnya saat Alif kembali dan berkumpul bersama keluarga di rumah. Alif ditemukan warga Masaran, Kabupaten Sragen di wilayah Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Rabu (29/7/2020) malam. Pertemuan keluarga dan Alif pun berlangsung haru dan bahagia.

"Saat kita jemput ke Gondangrejo, mas Alif duduk di warung makan dan kondisinya sehat. Masih pakai kaos warna merah, dan celana kolor biru dongker [baju yang digunakan saat meninggalkan rumah dan menghilang]. Helm dan sepedanya juga disampingnya. Kita nangis-nangis," kata Ipung.

Unik! Kambing di Banyuwangi Berbau Pandan, Ini Kata Pemiliknya

Ipung bersyukur akhirnya kakaknya bisa ditemukan dalam kondisi sehat. Menurutnya, dari cerita sang kakak, selama menghilang dirinya hanya makan tebu. Sedangkan, minumnya selain air tebu juga mengambil di musala atau masjid yang didatangi.

"Lah wong waktu pergi kan tidak bawa uang sama sekali. Katanya, tidurnya juga di emperan bengkel. Tapi ditanya bengkel mana tidak tahu," ujar Ipung.

Saat ini pihak keluarga akan melakukan pengawasan lebih kepada Alif. Jangan sampai kisah Alif hilang selama beberapa hari terulang kembali. Apalagi sang kakak memiliki penyakit gangguan kejiwaan sehingga tidak bisa mengingat apa-apa.

"Ini menjadi pelajaran bagi keluarga kami agar ke depan bisa lebih mengawasi Mas Alif," sambung dia.

Sempat Hilang

Diberitakan sebelumnya, berbagai upaya telah dilakukan pihak keluarga untuk mencari keberadaan Alif yang menghilang dari rumah sejak Minggu lalu. Alif pamit pergi bersepeda kepada ibundanya pukul 11.00 WIB.

Tak Bisa Berenang, Pemancing Wonogiri Meninggal Dunia Tenggelam di WGM

Namun hingga ashar, Alif tak kunjung pulang dan akhirnya keluarga mencari keberadaan. Berbagai upaya dilakukan pihak keluarga seperti menyebar informasi orang hilang ke grup-grup whatsApp, Facebook, Instagram dan lainnya.

Bahkan, dari informasi diterima keluarga, kata dia, pernah ada warga yang sempat melihat orang dengan ciri-ciri sama seperti Alif di Waduk Mulur, Bendosari, Sukoharjo pada Senin (27/7/2020) pukul 02.30 WIB.

Alif duduk seorang diri dengan masih membawa sepeda di sekitar Waduk Mulur. Namun entah mengapa, warga tersebut meninggalkan orang yang diduga kakaknya di sana. Sejak saat itu pihak keluarga belum menerima informasi lagi tentang keberadaan Alif.

Cawali Independen di Pilkada Solo Bagyo Berkurban 1 Sapi Metal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya