SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin dosis ketiga. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah hal sebaiknya tidak boleh dilakukan setelah mendapatkan suntikan vaksin booster Covid-19 atau dosis ketiga. Hal ini untuk meminimalkan risiko terjadinya efek samping dan juga mengoptimalkan kinerja vaksin.

Apa sajakah hal yang tidak boleh dilakukan setelah mendapatkan vaksin booster? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Agar mengoptimalkan kinerja vaksin dan meminimalkan dampak, ketahui sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan setelah mendapatkan vaksin booster. Berikut ini pantangannya seperti dikutip dari halodoc.com pada Jumat (18/2/2022) :

1. Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol tidak boleh dilakukan setelah mendapatkan vaksin booster. Pasalnya alkohol dan rokok bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif, sehingga ada kemungkinan respon imun terhadap vaksin tidak efektif bila ada alkohol berlebihan dalam sistem tersebut.

Baca Juga: Begini Penampakan Paket Obat Covid-19 dari Kemenkes bagi Pasien Isoman

Selain itu, merokok dan minum alkohol juga bisa memperburuk efek samping yang terjadi. Itulah mengapa kamu dianjurkan untuk menghindari dua kegiatan tersebut setelah menerima vaksin booster.

2. Melakukan Aktivitas Fisik yang Berat

Hindari melakukan aktivitas fisik yang berat, seperti mengangkat beban, setidaknya selama 2-3 hari setelah menerima vaksin booster. Pasalnya, tubuh memerlukan waktu untuk pulih dari efek samping vaksin dosis ketiga ini. Memaksa diri untuk melakukan olahraga atau aktivitas lainnya yang berat akan menambah stres pada tubuh yang akhirnya bisa memperburuk efek samping vaksin.

3. Mengabaikan Protokol Kesehatan

Meskipun sudah mendapatkan vaksin booster, bukan berarti kamu kebal dari virus corona dan variannya. Tidak ada vaksin yang memiliki tingkat efektivitas 100 persen. Kamu masih bisa tertular virus corona, bahkan setelah divaksinasi, tapi kemungkinan infeksinya akan jauh lebih ringan. Kamu juga bisa menjadi carrier atau pembawa virus yang tidak memiliki gejala. Vaksin booster hanya melindungi kamu dari risiko rawat inap, kematian, dan penyakit serius akibat Covid-19.

Baca Juga: Ketahui Efek Samping Vaksin Booster Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca

Jadi, penting untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan secara teratur, dan menjaga jarak dengan orang lain.

4. Menunda Berbicara dengan Dokter

Jangan tunda untuk berbicara dengan dokter bila kamu mengalami gejala Covid-19, bahkan setelah vaksin booster. Ingatlah, vaksinasi memerlukan beberapa saat untuk mulai bekerja, dan kamu baru akan mengembangkan kekebalan beberapa pekan setelah vaksin.

Baca Juga:  Warga Solo Sulit Akses Vaksin Booster di Puskesmas? Ini Kata Gibran

Sementara efek samping seperti nyeri dan ketidaknyamanan pada lengan atau kelelahan wajar terjadi setelah vaksin. Biasanya kondisi tersebut bisa mereda dalam beberapa hari. Segera bicarakan dengan dokter bila kamu mengalami efek samping yang parah atau tidak kunjung mereda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya