SOLOPOS.COM - Panorama Gunung Merbabu. (unsplash.com)

Solopos.com, SEMARANG – Sederet gunung di Jawa Tengah rupanya menjadi tempat penyimpanan harta karun peninggalan sejarah. Setidaknya ada empat gunung di Jawa Tengah yang memiliki peninggalan harta berharga, yaitu Gunung Payung, Gunung Rong, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Rabu (1/6/2022), gunung-gunung ini dikenal sebagai penghasil emas dan tempat peninggalan sejarah masa lampau. Salahh satu gunung yang diyakini menyimpan harta karun adalah Gunung Payung di Kabupaten Semarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lantaran banyak emas yang dihasilkan, sejumlah warga tinggal di bantaran Sungai Mbanjar, tepatnya di Dusun Ngreco, Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang dulu bekerja sebagai penambang emas Gunung Payung.

Sungai Mbanjar adalah sungai yang mata berhulu di Gunung Payung, Merbabu, dan Rong. Dulu, sejumlah warga datang ke sungai untuk mencari serpihan emas.

Ekspedisi Mudik 2024

Kini, sudah tidak ada lagi penambang emas di Sungai Mbanjar karena kondisi lingkunggannya sudah rusak. Berdasarkan keterangan dari warga setempat, kerusakan lingkingan disebabkan kebakaran dan musim kemarau panjang.

Baca Juga: Berusia 2 Abad, Inilah Gereja Tertua di Jawa Tengah

Kondisi tersebut membuat air sungai kotor sehingga warga sudah tidak lagi menambang emas di sungai. Selain faktor alam, kerusakan lingkungan juga disebabkan ulah manusia yang membangun perumahan di sekitar sungai dan membuang sampah sembarangan.

Selain emas, harta karun lainnya yang berhasil ditemukan berupa koin emas, cincin tembaga, dan aneka perabot logam. Pada 2004 hingga 2005 lalu, warga menemukan prasasti yang diketahui berasal dari tahun 612 M yang merupakan zaman Hindu Kuno.

Harta karun yang ditemukan berupa koin meas, cincin tembaga, hingga sendok garpu kuning. Semua harta karyun tersebut juga ditemukan di Sungai Mbanjar yang berhulu di gunung Jawa Tengah.

Baca Juga: Jejak Sunan Prawoto, Raja Keempat Kesultanan Demak Asal Pati

Harta Karun Gunung Merbabu

Penemuan harta karun ini hanya sebagian kecil saja karena diperkirakan masih banyak yang terpendam di ketiga gunung di Jawa Tengah tersebut. Sementara itu, pada 2004 silam, harta karun juga ditemukan di lereng Gunung Merbabu.

Harta karun ini berupa pepunden atau prasasti yang ditemukan oleh warga di kawasan Rawa Pening, tepatnya di Dusun Ngreco, Desa Kesongo, Kecamtan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Penemunya bernama Siswanto yang merupakan seorang pelukis.

Siswanto menemukan prasasti yang bentuknya mirip dengan pepunden Cianten. Singkat cerita, pepunden ini disita oleh Museum Ronggowarsito dan Siswanto diberi imbalan sebesar Rp400.000 dari pihak museum.

Baca Juga: Cantik! Ini 5 Objek Wisata Alam di Blora

Berdasarkan keterangan dari pihak museum, ada dua macam prasasti di Indonesia yang berbentuk sejenis dan salah satunya ditemukan oleh Siswanto. Prasasti lainnya yang juga berada di lereng Gunung Merapi adalah prasasti Watu Telu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya