SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi. (Dok. JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Menabung mungkin masih menjadi pekerjaan rumah bagi sebagian orang. Meski sudah dilatih sejak kecil, nyatanya tidak semua orang bisa menerapkan cara menabung dengan baik.

Setelah dewasa, kebutuhan hidup bertambah banyak maka menyimpan uang menjadi salah satu hal yang sulit dilakukan. Tetapi menabung perlu dilakukan lantaran pasti ada berbagai kebutuhan lain di masa depan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut adalah cara jitu menyimpan uang dilansir dari Channel Youtube Celah Terang, Minggu (16/08/2020):

Buntut Ricuh Kampung Mertodranan, Polresta Solo Razia di 3 Lokasi Ini 

Buatlah tujuan

Tujuan adalah kunci pertama. Dengan adanya tujuan maka kita akan lebih terarah, sungguh-sungguh dan tetap fokus mengejar impian. Maka dari itu tetapkan komitmen dan usaha keras dalam proses mencapai tujuan.

Contohnya ingin mendirikan usaha konveksi. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membeli adalah mesin jahit. Dengan adanya tujuan yang jelas, maka kita akan lebih efektif dalam proses menabung dari pada menabung tanpa tujuan dengan keinginan yang kuat. Gunakan tujuan itu menjadi motivasi untuk tetap menjaga komitmen dalam mencapai impian.

Awas, Kulkas Bisa Meledak Kalau Minuman Ini Disimpan di Freezer 

Menabung sejak awal

Menabung bertujuan untuk menghindarkan Anda tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak perlu. Saat gajian pisahkan uang yang hendak disimpan dengan yang biasa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Namun sebelumnya tentukan terlebih dahulu berapa persen uang yang akan ditabung. Karena penentuan nominal yang tidak seimbang maka akan menghambat proses menabung.

Pastikan uang yang disisihkan cukup untuk memenuhi kebutuhan kita selama periode penerimaan gaji kembali. Jika salah perhitungan, maka tujuan Anda dengan cara tersebut tidak akan tercapai.

Dulu Cuma Rp20.000, Berapa Bayaran Mbah Minto Klaten Sekarang? 

Sisihkan gaji

Jika sudah menyisihkan gaji, maka buatlah anggaran kebutuhan sampai menerima gaji kembali. Penganggaran yang sistematis akan membantu untuk memprioritaskan pengeluaran dan menjaga keseimbangan antara pengeluaran dan penyimpanan.

Misteri Harimau Jawa, Pernah Muncul di Alas Kethu Wonogiri 

Lunasi utang

Sebelum memutuskan menabung, ada baiknya melunasi segala utang yang dimiliki. Karena hutang akan menjadi beban pikiran bila tidak segera dilunasi. Dan justru membuat keuangan semakin tercekik. Dengan membebaskan segala utang, maka cara menabung tidak akan terasa memberatkan. Dengan begitu akhirnya menabung akan lebih menyenangkan. (Fajar Heru Laksono/JIBI/Solopos.com) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya