SOLOPOS.COM - Bangsal Covid-19 Brotowali II yang menempati rusunawa di Boyolali kembali terisi pasien, Kamis (17/6/2021). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI -- Bangsal Covid-19 Brotowali II yang berada di bangunan rusunawa Boyolali kembali terisi pasien setelah beberapa bulan kosong pasien. Bangsal yang dikelola RSUD Pandan Arang tersebut juga direncanakan ditambah kapasitasnya.

Sebagai informasi, sejak Februari 2021 atau empat bulan lalu, bangsal Brotowali II sebagai salah satu bangsal Covid-19 sudah tidak merawat pasien. Meski begitu fasilitas kesehatan itu tetap diaktifkan untuk antisipasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, keterisian Bangsal Brotowali II semakin menurun sejak awal 2021. Pada 1 Februari 2021, jumlah pasien di bangsal tersebut masih ada 19 orang. Kemudian berangsur turun hingga pada 6 Februari hanya ada 13 orang.

Baca Juga: Masih Gres, Toyota Yaris Kecelakaan Tabrak Pembatas Jalan Underpass Makamhaji Sukoharjo

Pada 8 Februari jumlahnya kembali turun menjadi tujuh orang saja. Kemudian berangsur turun hingga pada 25 Februari jadi nol pasien. Namun beberapa hari terakhir pada pertengahan Juni ini bangsal Covid-19 Brotowali II rusunawan Boyolali tersebut kembali terisi.

Direktur RSUD Pandan Arang Boyolali, Siti Nur Rokhmah Hidayati, mengatakan pada Kamis (17/6/2021), bangsal Brotowali II merawat 17 pasien dari kapasitas 36 tempat tidur.

"Sebelum Lebaran melandai, banyak kosongnya sebab di sana untuk merawat pasien gejala ringan atau OTG. Sampai Mei hanya terisi sekitar 0,9%. Juni ini sampai hari ini sudah terisi 17 pasien," katanya, Kamis.

Baca Juga: Sempat Dikira Penipuan, Ibu Rumah Tangga di Gemolong Sragen Dapat Hadiah Mobil Beneran

Penambahan Tempat Tidur

Ia menjelaskan saat ini RSUD Pandan Arang tengah mempersiapkan penambahan tempat tidur di bangsal Brotowali II. Jika semula ada 36 tempat tidur, rencananya ditambah menjadi 72 tempat tidur untuk antisipasi terjadinya lonjakan kasus.

Siti menyebutkan peningkatan jumlah pasien terjadi cukup signifikan dalam dua pekan terakhir. "Keterisiannya cepat naik. Ada beberapa dari luar daerah," jelasnya.

Selain bangsal Brotowali II, RSUD Pandan Arang Boyolali juga memiliki beberapa bangsal isolasi khusus Covid-19 yang jumlah pasiennya cukup banyak. Bangsal Brotowali I kini terisi 100% dari kapasitas 20 tempat tidur.

Baca Juga: Ratusan Pemasok Tekstil Dari Zona Merah Covid-19 Masih Berdatangan Ke Kawasan Pasar Klewer Solo

Bangsal Kanwa juga 100% sudah terisi dari kapasitas 22 tempat tidur. Bangsal Tabaluh, dari kapasitas 38 tempat tidur, terisi 25 pasien atau 60%. Untuk ruang ICU dari kapasitas enam tempat tidur terisi satu pasien.

Ruang PICU-NICU ada dua tempat tidur dan terisi satu pasien. Ruang Perinatologi dengan kapasitas dua tempat tidur sudah terisi satu pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya