SOLOPOS.COM - Pawang K-9 menunjukkan kecakapan anjing pelacak dalam mendeteksi bahan peledak (handak) dalam pengujian di Lapangan Wira Satya Polres Karanganyar, Kamis (20/10/2022). K-9 dari wilayah Soloraya akan ditugaskan mengamankan KTT G20 Bali 2022 mendatang. (Istimewa/dok. Polres Karanganyar)

Soloposcom, KARANGANYAR — Anjing-anjing di Unit K-9 dari Polresta Solo, Polres Karanganyar, Polres Sragen, dan Polres Klaten dikumpulkan di Lapangan Wira Satya Polres Karanganyar, Kamis (20/10/2022). Mereka dicek kesiapannya untuk ambil bagian dalam operasi pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali 2022.

Pengecekan dilakukan Direktorat Polisi Satwa (Ditpolsatwa) Korsabhara Baharkam Polri yang dipimpin Kasubdit Harvet Ditpolsatwa, Kombes Pol Wawan Kristyanto. Ada empat ekor anjing yang dicek kesiapannya. Anjing ini bukan anjing biasa karena memiliki kualifikasi mendeteksi bahan peledak (handak). Pemeriksaan juga dilakukan terhadap kendaraan pengangkut anjing pelacak tersebut.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Pengecekan ini kami lakukan untuk persiapan pengamanan KTT G20 di Bali nanti. Kami ingin memastikan unit K-9 khususnya yang punya kulifikasi handak agar benar-benar siap memberikan pengamanan secara maksimal demi kelancaran event internasional tersebut,” ujar Wawan di sela-sela acara.

Pengecekan terhadap anjing pelacak ini antara lain meliputi kesehatan dan kecakapan-kecakapan yang diberikan. Dari hasil pengecekan itu, anjing-anjing tersebut dinyatakan sehat dan siap bertugas mengamankan KTT G20.

Baca Juga: TNI Polri Gelar Simulasi Penanggulangan Teror Jelang KTT G20 di Bali

“Dengan adanya pengamanan G20 ini, kami harapkan setiap polres rutin melaksanakan pengecekan kondisi pawang, kendaraan, dan anjing K-9 yang dimiliki. Pastikan siap dan sehat untuk melaksanakan pengamanan. Kami harapkan juga selalu menambah durasi latihan satwa, serta selalu servis kendaraan khusus K-9 yang dimiliki,” imbuhnya.

Sementara itu, anjing-anjing K-9 tersebut akan diberangkatkan bulan depan bersama anjing-anjing K-9 lainnya dari wilayah Polda Jawa Tengah yang totalnya sebanyak 18 ekor.

Secara keseluruhan akan ada 80 anjing K-9 khusus berkualifikasi handak yang akan ditempatkan di tempat-tempat strategis di Bali selama pelaksanaan KTT G20.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya