SOLOPOS.COM - Wawali Solo Teguh Prakosa (dua dari kanan) saat meninjau lokasi Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Banjarsari, Solo, Rabu (19/10/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Ruas-ruas jalan utama di Kota Solo berpotensi macet parah lantaran ada empat agenda akbar yang digelar secara berurutan pada pekan depan. Keempat agenda keagamaan itu, yakni peresmian Masjid  Raya Sheikh Zayed, Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, pengajian akbar di Pondok Pesantren (Ponpes) Az-Zayadiyy, dan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Agenda itu yakni peresmian Masjid  Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Banjarsari, Senin (14/11/2022). Acara ini tadinya dijadwalkan pada Kamis (17/11/2022). Namun, pada Kamis (10/11/2022), Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan jadwal peresmian dimajukan pada Senin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rencananya, acara tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Setelah itu ada peringatan Haul ke-111 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di wilayah Pasar Kliwon, Solo, Sabtu-Rabu (12-16/11/2022).

Rangkaian kegiatan Haul Habib Ali diawali dengan rauhah atau mengaji dan membaca Alquran pada Sabtu-Senin (12-14/11/2022). Sedangkan puncak agenda peringatan Haul Habib Ali di Solo digelar pada Selasa (15/11/2022).

Keesokan harinya, Rabu (16/11/2022), rangkaian peringatan haul dilanjutkan dengan acara maulud. Agenda selanjutnya yakni pengajian akbar di Pondok Pesantren (Ponpes) Az-Zayadiyy di Kelurahan Bumi, Laweyan, pukul 19.30 WIB.

Baca Juga: Pengumuman! Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Dimajukan

Terakhir, agenda Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah pada Jumat-Minggu (18-20/11/2022). Pembukaan muktamar dipusatkan di Stadion Manahan Solo pada Sabtu (19/11/2022) yang dihadiri Presiden Jokowi dan akan diikuti jutaan peserta dan penggembira dari berbagai daerah di Tanah Air bahkan luar negeri.

Rekayasa Lalu Lintas Dimatangkan

Selama sepekan, Kota Solo dipastikan dibanjiri tamu sekaligus kendaraan bermotor yang berpotensi mengakibatkan kemacetan parah. Guna meminimalkan kemacetan lalu lintas selama empat agenda itu berlangsung, Satlantas Polresta Solo, Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, serta panitia kegiatan telah berulang kali rapat mematangkan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL).

“Untuk acara peringatan haul di Pasar Kliwon, ruas Jl Kapten Mulyadi ditutup total mulai simpang empat Sangkrah-Simpang Empat Baturono. Penutupan jalan pada 14-16 November pada pukul 08.00 WIB-16.00 WIB,” kata Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, kepada Solopos.com, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga: Pengajian Habib Luthfi, Jl Dr Radjiman Solo Ruas Sabar Motor-Jongke Ditutup

Soal pengalihan arus saat acara peresmian Masjid  Raya Sheikh Zayed di Kelurahan Gilingan, Banjarsari, masih terus dibahas sembari menunggu protokoler dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Pemkot menyiapkan tiga kantong parkir, yakni Terminal Tirtonadi, kawasan Manahan, dan Detasemen Pembekalan Angkutan (Denbekang) IV-44-04 Surakarta.

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Agus Santoso, mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, mengatakan telah menyiapkan rancangan MRLL saat pelaksanaan acara seremoni pembukaan Muktamar ke-14 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan Solo pada 19 November.

Ada dua opsi yakni menggunakan satu jalur Jl Adi Sucipto untuk akses kendaraan bermotor peserta tamu undangan dan penggembira serta menutup total Jl Adi Sucipto. Keputusan mengenai itu masih melihat situasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya