SOLOPOS.COM - Barang bukti rak sepatu yang dicuri 4 ABG di Ponpes Al Ukhuwah Sukoharjo, Selasa (24/5/2022). (Istimewa-Polsek Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO – Aksi pencurian rak sepatu, pagar besi, serta tatakan sepeda motor yang dilakukan empat anak baru gede (ABG) di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ukhuwah di Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, terungkap berkat rekaman kamera closed circuit television (CCTV). Akibat kejadian itu, pihak ponpes mengalami kerugian senilai kurang lebih Rp1.900.000.

Kasus itu diselesaikan melalui jalur restorative justice atau kekeluargaan lantaran para pelaku masih ABG alias di bawah umur. Kapolsek Sukoharjo, AKP Marlin Supu Payu, saat berbincang dengan wartawan di Sukoharjo, Selasa (24/5/2022), menjelaskan setelah para pelaku ditangkap, polisi memanggil orang tua masing-masing pelaku untuk mencari solusi guna merampungkan kasus tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia menambahkan pengurus ponpes turut diundang dalam mediasi tersebut. Hasilnya, pengurus ponpes telah memaafkan perbuatan yang dilakukan empat pelaku mengingat mereka masih di bawah umur.

Selain itu, orang tua para pelaku juga meminta maaf dan berkomitmen mengawasi anaknya masing-masing saat beraktivitas di luar rumah. “Kasus pencurian ini diselesaikan melalui jalur mediasi antara orang tua pelaku dengan pengurus ponpes. Para pelaku masih di bawah umur. Pihak pengurus ponpes hanya minta ganti atas kerugian barang yang dicuri,” kata dia mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan.

Kapolsek memastikan keempat pelaku masih di bawah umur. Mereka berinisial EW, AAA, dan SG yang merupakan pelajar jenjang SMP. Sedangkan satu pelaku lainnya, ungkap Kapolsek, berinisial SPP dan masih tercatat sebagai siswa sekolah dasar (SD).

Baca juga: Heboh, Maling Kotak Amal Masjid Di Tawangmangu Terekam Kamera CCTV

Dijelaskan olehnya, kasus pencurian rak sepatu dan pagar besi di ponpes terbongkar saat anggota bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Joho, Aiptu Catur, menerima kabar terjadi kasus pencurian di Ponpes Al Ukhuwah pada Jumat (20/5/2022) malam.

Kala itu, Aiptu Catur dihubungi oleh petugas keamanan ponpes. Kemudian, Aiptu Catur memeriksa rekaman kamera CCTV) yang dipasang di area ponpes. Berdasarkan rekaman kamera CCTV, ada empat bocah masuk ke area ponpes dan langsung menggondol rak sepatu. Mereka juga membawa pagar besi di pinggir bangunan ponpes.

Petugas Polsek Sukoharjo lantas melakukan penyelidikan guna mengungkap kasus pencurian di ponpes tersebut. Mereka mendatangi pengepul barang rongsok guna mencari barang bukti. Di lokasi tersebut, petugas mendapati rak sepatu yang dijual pelaku kepada pengepul barang rongsok senilai Rp80.000.

“Selain rak sepatu, keempat pelaku juga mencuri pagar besi dan tatakan sepeda motor. Total nilai kerugian akibat aksi pencurian itu senilai kurang lebih Rp1.900.000,” ujar dia.

Baca juga: Wow, 4 Tanaman Hias Ini Dibarter dengan 1 Mobil Jazz di Sukoharjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya