SOLOPOS.COM - Vaksin Covid-19 Sinovac. (Bisnis)

Solopos.com, SALATIGA -- Sebanyak 4.960 dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac telah tiba di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (23/1/2021) siang.

Vaksin ini akan mulai diberikan kepada sejumlah pejabat Pemkot Salatiga dan tenaga kesehatan atau nakes mulai Senin (25/1/2021) nanti.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Iya, kita sudah menerima vaksin jenis Sinovac. Tadi dikirim Pemprov Jateng sekitar pukul 14.00 WIB. Banyaknya sekitar 4.960 vial. Saat ini, vaksin Covid-19 kita simpan di ruang penyimpanan milik Dinkes Salatiga," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Siti Zuraidah, kepada Solopos.com, Sabtu (23/1/2021).

12.040 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Klaten, Dikawal Polisi Bersenjata Lengkap

Siti mengatakan pencanangan dan pelaksanaan vaksinasi pertama di Salatiga rencana digelar Senin nanti di Puskesmas Cebongan. Dalam acara itu, nantinya akan dilakukan pemberian vaksin Covid-19 jenis Sinovac terhadap sejumlah pejabat Kota Salatiga. Diantaranya Wali Kota Yulianto, Wakil Wali Kota Moh Haris, dan Kepala DKK Salatiga.

"Nanti ada 10 pejabat Forkompimda Salatiga yang disuntik vaksin jenis Sinovac. Setelah itu, vaksinasi dilanjutkan kepada para tenaga kesehatan [nakes]," terang Zuraidah.

Curhat Korban Gempa Sulbar Ngungsi di Solo: Berharap Dapat Uang Saku Pulang ke Kampung

Fasilitas Fasyankes

Zuraidah mengatakan vaksinasi tahap pertama di Salatiga memang diprioritaskan kepada nakes. Total ada sekitar 2.480 nakes yang menjadi sasaran. Setiap nakes akan mendapat dua dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac yang diberikan dalam rentang atau jangka waktu 14 hari.

Sementara itu, total ada sekitar 28 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang akan memberikan atau melayani vaksinasi di Salatiga. Ke-28 fasyankes itu terdiri dari 6 rumah sakit, 6 puskesmas, dan 12 klinik kesehatan di Salatiga.

Peralatan Datang, Rumah Sakit Lapangan Bakal Dibangun dalam 7 Hari Di Benteng Vanstenburg Solo

Pemerintah Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) menargetkan sekitar 133.431 orang warganya mendapat vaksin Covid-19 jenis Sinovac. Ratusan ribu warga itu terdiri dari berbagai kalangan mulai dari tenaga kesehatan, pelayan publik, masyarakat rentan, hingga masyarakat umum.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Siti Zuraidah, mengatakan pemberian vaksin Covid-19 tahap pertama di Salatiga akan dimulai Februari nanti. Vaksinasi tahap pertama ini akan diprioritaskan kepada para tenaga kesehatan atau nakes yang jumlahnya mencapai 2.825 orang.

Pontensi Bencana Merapi Berubah, Pemkab Sleman Pulangkan Pengungsi Glagaharjo Senin Besok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya