SOLOPOS.COM - Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 375 personel pasukan gabungan TNI, Polri, Pemkot Solo, serta seluruh potensi masyarakat yang ada akan diterjunkan untuk amankan ibadah Paskah 2022 di gereja-gereka Kota Bengawan, Kamis-Jumat (14-15/4/2022).

Penjelasan itu disampaikan Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, saat diwawancarai wartawan, Rabu (14/4/2022). Menurut Ade, apel gelar pasukan terkait pengamanan itu akan dilakukan pada Kamis pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Terkait pelaksanaan pengamanan, Kamis pagi akan lakukan apel gelar pasukan pengamanan ibadah Paskah di mana 375 personel akan kami terjunkan untuk amankan seluruh rangkaian kegiatan Paskah di Solo,” ujarnya.

Baca Juga: Gibran Cek Persiapan Perayaan Paskah 3 Gereja di Solo, Hasilnya?

Menurut Ade, pasukan pengamanan terdiri dari unsur gabungan TNI/Polri, Pemkot Solo beserta seluruh potensi masyarakat yang ada termasuk Pramuka, PMI, dan organisasi kemasyarakatan atau ormas Islam. Periode pengamanan kegiatan ibadah Paskah pada Kamis dan Jumat.

“Masing-masing gereja kami akan tempatkan personel yang dilengkapi dengan senjata api, dan akan berjaga 1×24 jam. Sebelum jam pelaksanaan ibadah kami akan lakukan sterilisasi baik dari Tim Gegana maupun Unit K-9 Sat Samapta Polres Solo,” ungkapnya.

Baca Juga: Polisi Terjunkan Penembak Jitu dan Penjinak Bom Amankan Ibadah Paskah di Solo

Koordinasi dengan Pengurus Gereja

Ade berharap seluruh rangkaian ibadah Paskah di Solo bisa berlangsung dengan aman, tertib, lancar, dan tidak ada gangguan sedikit pun. Polri dan TNI sebagai representasi negara untuk amankan wilayah Solo selama pelaksanaan ibadah paskah. Koordinasi dengan gereja sudah dilakukan.

“Kami sudah koordinasikan dengan Kodim 0735 Solo serta seluruh pengurus gereja di Solo, sudah lakukan koordinasi efektif, dan sudah kami koordinasikan masalah kesiapan pengamanan. Juga terkait kesiapan penerapan prokes selama ibadah Paskah karena Solo masih PPKM Level 2 ada ketentuan yang harus dipatuhi,” urainya.

Baca Juga: Pengamanan Tiga Ring! Ratusan Personel Siap Amankan Paskah di Solo

Ade mengungkapkan koordinasi dan pengecekan di lapangan bersama Forkompinda sudah dilakukan dan dipastikan untuk penerapan prokes di gereja-gereja menyambut ibadah Paskah dapat dilaksanakan optimal. “Kita ingin ibadah Misa Paskah ini bisa dilaksanakan dengan aman, tertib, lancar dan sehat,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya