SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Sebanyak 366 warga yang tinggal di sekitar bantaran Kali Putih, Magelang, mengungsi ke Balai Desa Jumoyo dan Kantor Persatuan Haji Indonesia Desa Jumoyo. Mereka mengungsi karena banjir lahar dingin yang mengamuk Minggu (5/12).

“Sekitar 110 warga desa saya mengungsi ke Desa Gagatakan, khawatir banjir susulan datang lagi,” kata Yoyok, warga asal Dusun Kadirogo, Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Senin (6/12).

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Sementara truk penambang pasir yang disopiri Resma yang sempat ikut hanyut dan terjebak di Kali Putih, pagi ini sekitar pukul 06.30 WIB berhasil dievakuasi.

Depo pasir yang sempat terhantam banjir lahar dingin pun akhirnya ditutup dan menyisakan tumpukan pasir hingga lima meter dari dasar sungai.

Sedangkan empat rumah warga yang terendam di Desa Sirahan, dua di antaranya rusak yaitu milik Nursidi dan Cip Marsudi.

“Banjir lahar dingin besar datang dua kali. Menghantam rumah kami juga dua kali. Saat itu saya sedang di rumah ketika banjir lahar dingin yang kecil datang. Saya langsung menyingkir,” kata Nursidi. Selang 20 menit, datang lagi lebih besar dan akhirnya rumah terendam,” tambahnya.

Rumah Nursidi sendiri miring ke arah kanan sementara meja, kursi dan tempat tidur terendam. Kandang unggas miliknya ikut ambruk. Sedangkan genteng bagian belakang rumah Cip Marsidi jatuh dan biliknya keluar dari pondasi. Jarak antara rumah mereka dan tepi Kali Putih yang semula 7-10 meter, berkurang hingga hanya menyisakan 60 cm.

Dari keempat rumah tersebut, sebanyak 16 jiwa telah mengungsi terdiri dari sembilan anak-anak, tiga ibu-ibu dan lainnya bapak-bapak.

“Semua ngungsi di Dusun Glagah, Desa Sirahan, Kecamatan Salam. Di rumah milik Prawiro Slamet,” terang Purwanto, salah satu pemilik rumah yang ikut terendam.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya