SOLOPOS.COM - Nuansa haru menyelimuti saat anggota Pramuka Garuda meminta restu kepada orangtua seusai dilantik Kwarcab Karanganyar pada Senin (8/8/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 354 anggota Pramuka Garuda dilantik Kwarcab Karanganyar pada Senin (8/8/2022) di Graha PGRI setempat. Sementara 16 anggota Pramuka Garuda di antaranya dilepas untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) di Cibubur pada 11-24 Agustus 2022 mendatang.

Pelantikan dan pelepasan kontingan Jamnas dilakukan langsung Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Pramuka sekaligus Bupati Karanganyar Juliyatmono. Kegiatan ini juga dihadiri para pengurus Kwarcab dan wali Pramuka Garuda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Kwarcab Karanganyar, Kurniadi Maulato, mengatakan Pramuka Garuda merupakan tingkatan kecakapan level tertinggi. Mereka telah melalui seluruh ujian kecakapan.

“Di tahun ini kita melantik 354 anggota Pramuka Garuda tingkat penggalang. Selain melantik mereka juga ada 16 anggota Pramuka kita lepas mengikuti Jamnas di Cibubur,” kata dia di sela pelantikan.

Sebanyak 16 anggota Pramuka peserta Jamnas terdiri atas delapan putra dan delapan putri. Mereka akan mengikuti Jamnas selama 14 hari bersama peserta dari seluruh Indonesia. Mereka terpilih setelah melalui serangkaian seleksi dengan menyingkirkan 300 peserta lain.

Baca Juga: Keren! 44 Pembina Pramuka Boyolali Peroleh Lencana Pancawarsa

“Ada 16 peserta kontingen. Delapan putra dan delapan putri. Ditambah dua pendamping. Mereka terpilih dari hasil seleksi. Mewakili Karanganyar di jambore lima tahunan,” sambung Kurniadi.

Para anggota kontingen dibekali pelatihan setelah lolos seleksi pada Maret lalu. Menjelang pemberangkatannya, Kwarcab Karanganyar membekali para peserta seperti tas ransel, sepatu, seragam dan uang saku.

Nuansa haru terlihat saat mereka dilepas para orang tua untuk mengikuti Jamnas. Ia tak menampik kegiatan Jamnas bakal ketat dan melelahkan. Sehingga anggota kontingen perlu menyiapkan pengetahuan, kecakapan dan fisik prima.

Salah satu peserta Jamnas asal SMP Negeri 2 Jaten, Nadine Shafabilah Putri Pratama, mengaku sudah digembleng penuh baik fisik maupun mental untuk mengikuti agenda lima tahunan di Cibubur nanti.

Baca Juga: Kwarcab Karanganyar Verifikasi Calon Pramuka Garuda, Pramuka Level Atas

“Kami dibekali materi kepramukaan seperti yel-yel, semaphore, sandi morse, sandi rumput, tali temali dan lainnya. Fisik dan mental sudah siap,” katanya.

Ia mengaku bangga bisa mewakili Kabupaten Karanganyar melaju ke tingkat nasional. Ia sudah sejak SD memang ikut kegiatan pramuka. “Sekarang saya mewakili Karanganyar di Jamnas. Rasanya senang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya