SOLOPOS.COM - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kantor Desa Joho, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, Jumat (21/8/2020). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Sebanyak 35.206 warga Wonogiri menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT DD tahap keempat, Jumat (21/8/2020).

Pada tahap keempat, penerima bantuan mendapat bantuan senilai Rp300.000. Jumlah tersebut berbeda dengan penyaluran tahap pertama hingga ketiga. Pada tahap tersebut besaran bantuan yakni Rp600.000.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sesuai regulasi, BLT DD akan disalurkan hingga enam tahap, sampai Oktober 2020. Namun pada tahap empat hingga enam besaran bantuan hanya Rp300.000.

Pilkada Solo: Bajo Lolos Syarat Dukungan, Duet Tukang Jahit-Ketua RW Tantang Gibran-Teguh

Metode penyaluran BLT DD untuk saat ini diubah. Jika dahulu penyaluran dipusatkan di kantor kecamatan, kini disalurkan di setiap kantor desa masing-masing. Hal itu diungkapkan oleh Camat Selogiri, Wonogiri sekaligus Ketua Paguyuban Camat se-Wonogiri, Sigit Purwanto, saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Ia mengatakan, metode baru tersebut dilakukan untuk menghindari kerumunan dan efisiensi waktu saat pembagian bantuan. Hal itu telah dikoordinasikan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Wonogiri.

"Dulu penyaluran BLT DD dilaksanakan selama tiga hingga empat hari, karena jumlahnya ribuan. Sekarang satu hari selesai, karena disalurkan di setiap desa," kata dia.

Metode Penyaluran

Motode penyaluran bantuan, menurut dia, Kepala Desa didampingi bendahara desa, babinsa dan bhabinkamtibmas datang ke kantor kecamatan. Mereka dikumpulkan dan diberi arahan dengan berita acara lengakap. Kemudian bantuan dibawa ke desa untuk disalurkan kepada masyarakat.

Kades Joho, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, Samrawi, mengaku metode penyaluran BLT DD tersebut lebih efektif. Selain memecah kerumunan, waktu penyaluran juga lebih efisien.

Di desa Joho, menurut dia, penerima BLT DD sebanyak 144 orang. Penyaluran dilakukan dari pukul 09.00 WIB hingga 10.30 WIB. "Cukup cepat, dalam waktu satu jam 30 menit bisa selesai," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Kerugian Ditaksir Rp500 Juta, Ini Detik-Detik Kebakaran SDN 02 Lalung Karanganyar

Kepala Dinas PMD Wonogiri, Antonius Purnomoadi, mengatakan penyakuran BLT DD tahap keempat dilakukan secara serentak pada Jumat. "Satu hari selesai. Sudah terbiasa menyalurkan bantuan. Ini kan sudah tahap keempat," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Jumlah penerima bantuan, menurut dia, masih sama dengan jumlah penerima pada tahap ketiga yakni 35.206 orang. "Berkurang atau tidaknya lihat nanti setelah penyaluran selesai. Jika ada yang balik ke perantauan, meninggal atau pindah kependudukan pasti tidak tersalurkan semua," ungkap dia.

Ia mengatakan, jumlah anggaran pada tahap keempat sebesar Rp10,5 miliar. Pada tahap pertama hingga ketiga total sebesar Rp63 miliar. "Mungkin untuk penyaluran tahap keempat hingga keenam menghabiskan sekitar Rp30 miliar. Karena bantuan yang diberikan setiap penerima Rp300.000," kata Antonius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya