SOLOPOS.COM - The Transporter, kendaraan otonom dari Udelv (Antara/Intel Mobileye)

Solopos.com, JAKARTA -- Anak perusahaan dari Intel Mobileye dan perusahaan pengiriman kendaraan otonom Udelv menyiapkan kendaraan full otonom. Tak tanggung-tanggung setidaknya 35.000 kendaraan komersial otonom diluncurkan pada 2028.

Dikutip dari CarsCoops dan ditulis Antara, Kamis (15/4/2021), kendaraan otonom ini dijuluki The Transporter yang memiliki kemampuan mengemudi sendiri di level 4.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masing-masing dari 35.000 unit yang akan diproduksi, nantinya sepenuhnya terintegrasi dengan sistem otonom Mobileye. Hal ini mencakup 13 kamera, tiga LiDAR jarak jauh, enam LiDAR jarak pendek, dan enam radar terintegrasi di dalam mobil.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Pabrikan Mobnas Vietnam Tak Mau Kalah Bikin Bus Listrik Versi Massal

Selain itu, Sistem Mobileye juga memiliki teknologi dari perusahaan Israel EyeQ dan memanfaatkan program crowdsourcing road experience management (REM) yang menggunakan data waktu nyata untuk membuat peta 3D global.

Wakil Presiden Standar Otomatis di Mobileye, Jack Weast, mengata???kan bahwa ini adalah penerapan komersial yang nyata bagi kendaraan otonom. "Tiga puluh lima ribu unit mulai tahun 2023 akan sepenuhnya mengintegrasikan sistem swakemudi untuk penggunaan komersial untuk pengiriman barang," kata dia.

Dalam hal ini, Udelv telah menguji van pengiriman otonom di seluruh Amerika Serikat selama beberapa tahun, termasuk di area seperti Oklahoma City, Arizona, dan California's Bay Area.

Baca Juga : Skuter Listrik BMW CE 04 Siap Diproduksi Massal, Ini Bentuknya

Transporter akan didasarkan pada platform listrik modular yang dapat disesuaikan agar sesuai dengan berbagai kendaraan yang berbeda. Karena akan sepenuhnya otonom, kendaraan ini tidak memiliki kabin untuk pengemudi manusia dan menawarkan dukungan untuk pengisian cepat DC.

"Kesepakatan kami dengan Udelv penting untuk ukuran, ruang lingkup, dan jadwal penerapan yang cepat, yang menunjukkan kemampuan kami untuk menghadirkan Mobileye Drive untuk penggunaan komersial sekarang dan dalam volume besar," kata Presiden dan Kepala Eksekutif Mobileye, Prof. Amnon Shashua.

Covid-19 telah mempercepat permintaan pengiriman barang otonom. Perusahaan menginformasikan meskipun kendaraan pengiriman akan sepenuhnya otonom, ia juga akan memiliki kemampuan  yang memungkinkan operator jarak jauh untuk mengendalikannya kapan pun diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya