SOLOPOS.COM - Ratusan aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Wonogiri mengikuti upacara pelantikan dan pengukuhan jabatan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kamis (13/10/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 332 pejabat dikukuhkan dan dilantik di Pendapa Rumah Bupati Wonogiri, Kamis (13/10/2022). Ratusan aparatur sipil negara (ASN) yang dikukuhkan dan dilantik itu meliputi penjabat eselon II-IV, Kepala TK-SMP, Pengawas SD-SMP, dan Fungsional.

Hadir dalam acara pengukuhan dan pelantikan, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo; Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri, Setyo Sukarno; Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono. Di samping itu, acara juga dihadiri tamu undangan lainnya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Djoko Purwodyatmo, mengatakan pengukuhan dan pelantikan kali ini karena adanya kekosongan jabatan menyusul pejabat di waktu sebelumnya telah memasuki purnatugas. Di samping itu, ada pula yang dipromosikan pada jabatan baru setelah kinerjanya selama lima tahun menunjukkan prestasi.

Djoko mencontohkan, ASN yang dipromosikan, yakni Miran, dari jabatan sebelumnya Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Jatiroto menjadi Camat Jatiroto. Selanjutnya, Soemardjono Fadjari, dari Sekcam Ngadirojo menjadi Camat Wuryantoro.

Soemardjono menggantikan camat Wuryantoro sebelumnya, Rahmat Imam Santosa yang kini dilantik menjadi Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Poltik (Kesbangpol) Wonogiri.

Baca Juga: Panpel Liga Wonogiri Berharap Penghentian Kompetisi Sepak Bola Tidak Lama

Kepala BKD Wonogiri itu menambahkan, proses pergantian jabatan, utamanya Eselon II-IV, dilakukan melalui tes evaluasi dan kompetensi.

“Akan dilihat kinerjanya dan kompetensi di bidang jabatannya. Kalau masih layak, masih oke, kami kukuhkan lagi,” katanya kepada Solopos.com, Kamis (13/10/2022).

Salah satu penjabat Eselon II yang dikukuhkan kembali sesuai jabatannya sebelumnya yakni Gatot Siswoyo. Gatot dikukuhkan sebagai Sekretaris DPRD Wonogiri. Hal seperti jabatan di waktu sebelumnya.

Sedangkan pejabat Eselon II, Aris Tri Budoyo ditetapkan sebagai staf ahli bupati bidang pemerintahan, hukum, dan politik. Di waktu sebelumnya, Aris memperoleh amanah sebagai kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perpera) Wonogiri.

Baca Juga: Musim Hujan, Dinas Lingkungan Hidup Wonogiri Gencarkan Pemangkasan Pohon

Berdasarkan catatan Solopos.com, terdapat 168 ASN yang mengemban sebagai kepala SDN, 22 ASN sebagai kepala SMPN, dan 11 ASN sebagai kepala TK. Pergantian jabatan kepala sekolah dilakukan lantaran penjabat sebelumnya purnatugas.

Adapun dalam pengukuhan dan pelantikan ASN ini, sebanyak 332 pegawai itu tak diberi tahu sebelumnya akan ditempatkan di mana.

“Sengaja kami umumkan dan mereka baru tahu pada hari ini juga. Jadi para ASN diminta menjalankan tugas sebaik mungkin pada jabatan barunya,” kata Djoko.

Rahmat Imam Santosa merupakan satu dari sekian ratus pejabat yang memperoleh jabatan baru, yakni Kepala Kesbangpol Wonogiri. Menanggapi dilantiknya dirinya sebagai Kepala Kesbangpol di Wonogiri, Rahmat mengaku biasa saja.

Baca Juga: Kredit Sumeh Lepaskan Masyarakat dari Jeratan Rentenir di Wonogiri

“Yang namanya birokrasi, organisasi, proses pergantian jabatan itu biasa saja,” kata Rahmat kepada Solopos.com, Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya