SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Sejumlah siswa mencuci tangan sebelum masuk ruang kelas di SMA Negeri 1 Boyolali, Jawa Tengah, Senin (6/9/2021). Pembelajaran tatap muka terbatas bagi siswa sekolah menengah atas tersebut dilakukan dengan adaptasi kebiasaan baru protokol kesehatan COVID-19 serta membatasi kapasitas jumlah siswa 50 persen dengan jadwal masuk sekolah secara bergantian. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/hp.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 9 SD dan 24 SMP di Solo akan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas mulai Senin (20/9/2021) pekan depan. 33 sekolah ini menyusul sekolah lain yang sudah melakukannya sejak 6 September lalu.

Dari 9 SD tersebut sebagian sekolah negeri dan sebagian swasta. Sedangkan pada jenjang SMP, semuanya sekolah swasta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekolah-sekolah tersebut sebenarnya sudah dikategorikan siap melaksanakan PTM sejak adanya pelonggaran menyusul turunnya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Soloraya dari level 4 ke 3, akhir Agustus lalu.

Namun mereka baru akan memulai PTM karena menuntaskan kegiatan penilaian tengah semester (PTS) yang sudah dijadwalkan secara daring (dalam jaringan).

Baca Juga: Jurug Solo Zoo Sepi Pengunjung, Ternyata Ini Penyebabnya

Kesiapan Sekolah

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Dwi Ariyatno mengatakan meskipun mereka sudah siap namun pelaksanaannya tetap di bawah pengawasan Disdik.

“Berdasarkan hasil laporan verifikasi kesiapan sekolah dari pengawas sekolah dan penilik satuan pendidikan, sekolah-sekolah itu telah memenuhi kriteria siap dan memenuhi syarat untuk melaksanakan PTM dengan tetap dibawah pengawasan dari Dinas Pendidikan Kota Surakarta melalui pejabat pengawas sekolah maupun penilik,” ujarnya kepada Solopos, Sabtu (18/9/2021) pekan lalu.

Ia menambahkan bahwa satuan pendidikan yang telah menjalankan PTM pada rentang waktu bulan Maret-Mei 2021, sebelum penetapan PPKM Darurat, dapat meneruskan pelaksanaan PTM secara bertahap dengan mempertimbangkan kondisi psikologi anak untuk pembiasaan aktivitas PTM.

Baca Juga: HUT ke-76 PMI Solo Bagi-Bagi Penghargaan, BMPD Jadi Pendonor Terbanyak

Satuan pendidikan yang belum pernah menjalankan PTM dapat menjalankan PTM dengan diawali perencanaan, simulasi dan berdasarkan evaluasi dapat malanjutkan pelaksanaan PTM apabila memenuhi ketentuan teknis sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Kepala Disdik Solo Nomor 420/585 Tahun 2021 tentang Pedoman Teknis dan Panduan Operasional Pembelajaran Tatap Muka Di Kota Solo Pada Masa Pandemi Covid-19.

Sementara itu, berdasarkan laporan kesiapan, sekolah yang sudah dan akan mengadakan PTM adalah SMP sebanyak 67 sekolah, SD sebanyak 51 sekolah, dan PAUD sebanyak 38 satuan.

“Harapan kami akan semakin banyak sekolah yang menggelar tatap muka. Karena siswa sudah terlalu lama belajar secara daring dari rumah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya