SOLOPOS.COM - Desa Langir, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur meraih penghargaan sebagai desa terbaik pertama kategori pengelolaan dana desa tahun 2021. (pendampingdesa.com)

Solopos.com, SOLO –  Indeks Desa Membangun (IDM) 2022 menunjukkan terjadi lompatan signifikan jumlah desa mandiri, desa maju, dan desa berkembang di Indonesia. Selama tujuh tahun pengalokasian dana desa berhasil mendorong 32.479 desa mentas dari status tertinggal.

Ini menunjukkan ada percepatan pembangunan desa pada era Presiden Joko Widodo. Tujuan membangun Indonesia dari desa menunjukkan kemajuan nyata. Kebijakan pemeirnmtah yang konsisten menyalurkan dana desa sejak 2015 memberikan dampak nyata bagi perkembangan desa di Indonesia. Ulasan lengkap bisa dibaca di 7 Tahun Kucuran Dana Desa, 32.479 Desa Mentas dari Status Tertinggal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Program percepatan belajar atau akselerasi dicanangkan pemerintah sejak 2000 dengan tujuan mewadahi siswa dengan kemampuan cerdas istimewa (CI) dan bakat istimewa (BI). Setelah menuai pro dan kontra, program akselerasi akhirnya dihentikan sejak tahun ajaran baru 2015-2016, tepatnya setelah dua tahun Kurikulum 2013 diterapkan.

Seorang perempuan asal Sragen, Jawa Tengah, bernama Nitya Ade Santi, belakangan menjadi perbincangan. Prestasinya meraih gelar doktor di usia yang terbilang masih sangat muda, yakni 25 tahun, menjadi alasan di baliknya. Penjelasan lengkap tersaji di Kilas Balik Program Akselerasi yang Tuai Pro dan Kontra Hingga Dihapus.

Kecubung yang bernama latin Datura metel atau Datura stramonium adalah jenis tanaman halusinogen yang dapat menyebabkan keracunan serius. RSUD Kota Solo, Jawa Tengah, pernah menangani kasus keracunan kecubung yang menimpa anak laki-laki usia 13 tahun. Laporan itu dipublikasikan di CDK Journal Vol. 47 No. 9/2020.

Bocah tersebut dibawa ke instalasi gawat darurat (IGD) oleh ayahnya dengan kondisi gelisah, meracau, dada terasa sesak, dan berdebar-debar kurang lebih 30 menit sebelum masuk rumah sakit. Tanaman ini juga disebut dalam kasus penembakan Kopda Muslimin terhadap istrinya di Semarang, Senin (18/7/2022). Uraian lengkap bisa dibaca di Kecubung, Tanaman Halusinogen Penyebab Keracunan Serius.

 Chung Ju-Yung memimpin Hyundai Group saat Korea Selatan menjadi salah satu negara termiskin hingga berubah jadi salah satu negara terkaya di dunia. Siapa sangka, Chung Ju-Yung merupakan pria yang terlahir dari keluarga petani miskin asal Korea Utara.

Sukses itu tidak dicapai secara instan. Jauh sebelum sukses menjadi bos Hyundai, Chung Ju-Yung sempat menjajal berbagai pekerjaan seperti buruh konstruksi kereta api, akuntan hingga bekerja di sebuah dermaga. Kisah lengkap tersaji diKisah Pendiri Hyundai, Curi 1 Ekor Sapi Lalu Kembalikan 1.000 Ekor Sapi.

Semua berita di atas bisa dibaca hingga tuntas di kanal Espos Plus. Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya