top ear
Ilustrasi vaksin virus corona. (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi vaksin virus corona. (Freepik)

317 Nakes di Klaten Menanti Dosis Kedua Suntikan Vaksin Covid-19

Vaksinasi tahap kedua menyelesaikan vaksinasi kepada 2.555 Nakes di Klaten yang belum masuk daftar penerima vaksin tahap pertama.
Diterbitkan Selasa, 2/03/2021 - 05:40 WIB
oleh Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso
2 menit baca

Solopos.com, KLATEN – Vaksinasi Covid-19 terus bergulir di Kabupaten Bersinar. Jumlah Nakes yang mendapatkan vaksinasi pada tahap pertama mencapai 99,5 persen dari total sasaran.

Sementara, proses vaksinasi tahap II terus bergulir dengan menyasar pada Nakes yang belum masuk dalam daftar penerima tahap pertama serta pelayanan publik.

Untuk sementara, total sasaran vaksinasi tahap kedua sebanyak 5.000 orang sembari menunggu datangnya vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat.

Baca juga: Bertemu Jokowi Seusai Jajal KRL, Sri Mulyani Usul Klaten Dibangun Flyover

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan pada tahap pertama ada 6.020 orang yang menjadi sasaran vaksinasi yakni para Nakes.

Dari jumlah itu, sebanyak 5.993 Nakes sudah mendapatkan dua suntikan dosis vaksin atau sudah mendapatkan dosis vaksin secara lengkap.

Sementara, sebanyak 317 Nakes baru mendapatkan suntikan dosis pertama dan menunggu suntikan dosis kedua. Sebagai informasi, vaksinasi dilakukan dengan menyuntikkan dosis vaksin Covid-19 sebanyak dua kali. Jeda waktu penyuntikan dosis pertama dengan suntikan dosis kedua rentang 14 hari.

Baca juga: Sempat Dicurhati Soal Ini, Kades Serenan Klaten Kisahkan Pertemuan Terakhir dengan Sekdes

“Saat ini yang belum mendapatkan dosis kedua itu ada 317 orang. Karena memang belum jatuh tempo untuk mendapatkan dosis kedua,” kata Anggit saat ditemui wartawan di Dinkes Klaten, Senin (1/3/2021).

Sementara itu, vaksinasi tahap kedua masih terus bergulir. Vaksinasi tahap kedua menyelesaikan vaksinasi kepada 2.555 Nakes yang belum masuk daftar penerima vaksin Covid-19 tahap pertama.

Tak Ada Penolakan Vaksinasi

Selain kepada Nakes, vaksinasi tahap kedua menyasar ke anggota TNI, Polri, pelayanan publik, hingga sebagian guru. Mereka sebagian sudah menerima suntikan dosis pertama.

“Untuk vaksinasi tahap kedua itu per Sabtu [27/2/2021] sudah menyasar ke 3.838 orang dari total sasaran 5.000 orang,” jelas dia. Lebih lanjut, Anggit menjelaskan vaksinasi di Klaten bergulir lancar.

Hingga kini tak ada penolakan vaksinasi. Keluhan seusai vaksinasi relatif keluhan ringan seperti bengkak pada bekas suntikan serta gatal-gatal.

“Jumlah yang mengeluhkan juga sedikit. Hanya 15-20 orang,” ungkap dia.

Baca juga: Kisah Pilu Alfian Pelajar SMK Klaten, 2 Tangannya Diamputasi Gara-Gara Kecelakaan Saat PKL

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan vaksinasi Covid-19 di Klaten bergulir lancar. Pada tahap kedua, capaian vaksinasi sebesar 76 persen. Vaksinasi itu menjadi salah satu perbincangan saat Presiden, Joko Widodo (Jokowi), singgah di salah satu rumah makan di Klaten bersama sejumlah pejabat, Senin.

“Saya dengar tadi pada Juli nanti akan turun vaksin lagi dalam jumlah besar. Semoga saat Lebaran nanti sudah bisa mudik dan sebagainya,” jelas dia.


Editor : Profile Rohmah Ermawati
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya