SOLOPOS.COM - RSUD Karanganyar. (solopos.com/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR – RSUD Karanganyar mulai menerapkan layanan uji rapid swab antigen Covid-19 untuk umum sejak Senin (28/12/2020). Selama tiga hari membuka layanan tersebut RSUD Karanganyar langsung mendapatkan permintaan tinggi dari masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Penunjang Medis dan Non Medis RSUD Karanganyar, Katarina Iswati, ketika dihubungi Solopos.com, Kamis (31/12/2020). Dia mengatakan selama menerapkan skrining Covid-19 menggunakan metode rapid swab antigen, RSUD Karanganyar sudah melayani 200 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Polisi: Gisel Sengaja Rekam Video Porno, Lalu Tersebar

Dari total penggunaan alat rapid antigen tersebut, 100 di antaranya digunakan saat layanan umum rapid antigen dibuka.

“Kami sudah sejak Senin [rapid antigen untuk umum]. Memang secara umum penggunaan rapid antigen meningkat pesat. Selama tiga hari sudah ada sekitar 100 orang yang kami layani. Hari pertama sekitar 25 orang pada Senin, hari kedua naik dua kali lipat sekitar 50 orang, dan hari ketiga sekitar 20 orang. Permintaan memang tinggi bukan hanya dari pelaku perjalanan saja, tetapi masyarakat umum yang ingin mengetahui kondisi kesehatan dari Covid-19 juga,” terang dia.

Dari total penggunaan alat rapid antigen Covid-19, dia mengatakan sekitar 30 orang terdeteksi reaktif. Tindak lanjut dari kasus tersebut, pihaknya mengedukasi dan mengecek kondisi kesehatan orang bersangkutan.

Waspada Ledakan Kasus, Satgas Covid-19 Sukoharjo Siapkan 100 Bed Di MERC RS UNS

Lalu orang yang terdeteksi reaktif diminta untuk isolasi mandiri dan pihaknya meneruskan informasi tersebut ke Puskesmas wilayah bersangkutan agar dilakukan tracing kontak erat.

“Karena ini akurasinya 90 persen mendekati PCR, kami langsung bisa simpulkan positif Covid-19 sebesar 90 persen. Jadi kami langsung cek, kalau punya keluhan berobat sesuai keluhannya. Kalau tidak ada keluhan langsung kami minta isolasi mandiri di rumah atau kalau tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri kami arahkan ke Donohudan,” imbuh dia.

Perhatian! Tes Rapid Antigen Digelar di Rest Area Boyolali

Hingga saat ini di Karanganyar, berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, baru sebanyak dua fasilitas layanan kesehatan yang melayanai rapid antigen untuk umum.

Masing-masing merupakan Puskesmas Karanganyar dan RSUD Karanganyar. Sesuai Permenkes, biaya rapid test antigen di kedua tempat tersebut sebesar Rp250.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya