SOLOPOS.COM - Bupati Madiun, Muhtarom, menanam pohon di Desa Kradinan, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Sabtu (26/11/2016). (Istimewa)

Penanaman pohon, sebanyak 30.000 pohon ditanam untuk cegah bencana alam.

Madiunpos.com, MADIUN — Sebanyak 30.000 pohon ditanam di Desa Kradinan, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Penanaman pohon ini untuk mencegah terjadinya bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, dan kekeringan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penanaman 30.000 pohon itu dilaksanakan dalam kegiatan penghijauan lingkungan tahun 2016 yang dilaksanakan dua hari Jumat-Sabtu (25-26/11/2016) dan diikuti sekitar 850 peserta terdiri atasanggota Forkompimda, kepala SKPD dan camat se-Kabupaten Madiun, pengurus TP PKK, Perhutani, anggota Muspika Kecamatan Dolopo, dan masyarakat Desa Kradinan.

Pohon itu merupakan bantuan dari BP DAS Solo. Bupati Madiun, Muhtarom, mengatakan kegiatan penanaman pohon ini untuk memotivasi dan membudayakan masyarakat dan siswa sekolah untuk gemar menanam dan memelihara pohon serta peduli terhadap lingkungan.

Penanaman pohon ini juga untuk mencegah terjadinya bencana alam, seperti tanah longsor, banjir, kekeringan, dan lainnya. Dia mengatakan dampak pemanasan global yang merupakan akibat aktivitas manusia yang tidak terkendali membuat terganggunya ekosistem, kondisi cuaca ekstrem, sistem tata air daerah aliran sungai, serta ancaman bencana alam.

“Untuk mengatasi kondisi itu, diperlukan upaya nyata yang efektif yaitu dengan penanaman dan pemeliharaan pohon,” kata dia dalam siaran pers yang diterima Madiunpos.com, Minggu (27/11/2016).

Tarom mengajak masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan sebagai upaya mitigasi perubahan iklim dan rehabilitasi hutan serta lahan. Gerakan penanaman pohon ini merupakan momentum strategis untuk mengantisipasi pemanasan global akibat perubahan iklim, deforestasi, dan degradasi hutan.

Dia berpesan supaya masyarakat Desa Kradinan bisa memelihara dan merawat pohon yang telah ditanam di desa tersebut. Meskipun saat ini masyarakat belum bisa merasakan manfaat terhadap pohon-pohon itu.

“Insyaallah nantinya akan membuat anak cucu kita dapat hidup dengan baik. Saya berharap penanaman pohon ini juga bisa menyebar ke seluruh pelosok wilayah Kabupaten Madiun,” jelas Tarom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya