SOLOPOS.COM - Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi. (Reuters-Ahmad Masood)

Solopos.com, JAKARTA -- Salah seorang imam Masjidil Haram, Syeikh Bandar Al Baleelah, nyaris jadi korban penyerangan pria tak dikenal saat khotbah Jumat (21/5/2021) di mimbar. Beruntung, petugas yang berjaga dengan sigap menangkap pria berbaju ihram sambil membawa tongkat tersebut dan melumpuhkannya.

Imam Masjidi Haram merupakan jabatan dengan kedudukan tinggi di Arab Saudi, tak seperti di Indonesia. Masjidil Haram saat ini dikepalai oleh  Prof Dr Syaikh Abdurrahman bin Abdul Aziz bin Muhammad As-Sudais, atau lebih dikenal dengan Abdurrahman As-Sudais.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Seperti dikutip dari tempo.co, jabatannya sebagai Kepresidenan untuk urusan kedua Masjid suci, yakni Makkah Al Mukarramah dan Madinah Al-Munawarah sejak 2012. Jabatan khusus setingkat menteri di Arab Saudi. Hingga kini jabatan tersebut sudah masuk periode kedua. Hingga tahun ini telah memasuki periode kedua.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Seorang Pria Nekat Serang Khotib Salat Jumat di Masjidil Haram

Posisi imam dan khatib di Masjidil Haram tidak hanya dipegang oleh ulama Arab Saudi. Ulama besar asal Indonesia pun ada yang pernah menjadi imam dan khotib Masjidil Haram.

Guru Pendiri Muhammadiyah dan NU

Dikutip dari buku Ulama-Ulama Nusantara yang Mempengaruhi Dunia yang ditulis oleh Thoriq Aziz Jayana, ada tiga ulama Indonesia yang pernah menjadi imam dan khatib di Masjidil Haram, Mekah. Mereka adalah Syeikh Junaid Al Batawi, Syeikh Nawawi al-Jawi al-Bantani, dan Syeikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

Seperti dikutip dari detik.com, Syeikh Junaid Al Batawi merupakan ulama terkemuka Indonesia yang pengaruhnya saat abad ke-19 sangat besar. Dia menetap di Mekah selama 60 tahun sejak tahun 1834. Syeikh Junaid yang berasal dari Betawi ini sempat menimba ilmu di Haramain.

Baca Juga: Masuk Daftar 11 Imam Masjidil Haram, Ini Profil Syeikh Bandar Al Baleelah yang Lolos dari Penyerangan

Jejak Syeikh Junaid kemudian diikuti oleh muridnya, Syeikh Nawawi al-Jawi al-Bantani yang berasal dari Banten. Selain dikenal sebagai imam di Masjidil Haram, dia juga dikenal sebagai ulama tasawuf pengampu komunitas Jawi.

Selanjutnya, ada nama Syeikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi yang berasal dari Minangkabau. Syeikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi juga dikenal sebagai guru dari pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan dan pendiri NU, KH Hasyim Asyari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya