SOLOPOS.COM - Gedung Wanita Karanganyar saat ini digunakan untuk isoter pasien corona tanpa gejala. Sesuai rencana Gedung Wanita akan dibangun ulang di tahun depan. Foto diambil Kamis (7/10/2021). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Karanganyar mulai menyiapkan kembali tiga tempat isolasi terpusat (isoter). Tempat isoter ini ditujukan bagi pasien positif Covid-19 tanpa gejala.

Tempat isoter dipersiapkan menyusul tren kenaikan kasus Covid-19 di Kabupaten Intanpari dalam sepekan terakhir. Sekretaris Satgas Covid-19 Karanganyar, Bagus Darmadi, mengatakan tiga isoter yakni bekas SMP Negeri 2 Kerjo, Balai Latihan Kerja (BLK), dan Gedung Wanita.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Kerjo dan BLK, kapasitas tempat tidur yang disediakan masing-masing 70 kasur. Sedangkan di Gedung Wanita ada 100 tempat tidur. Tiga lokasi isoter tersebut tetap disiapkan guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 sebagaimana terjadi pada periode Juni-Juli 2021 lalu.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Begini Tren Covid-19 di Karanganyar Selama Sepekan

“Saat ini tiga isoter masih tutup. Tapi tetap kami siapkan kalau memang ada lonjakan kasus dan dibutuhkan tempat isoter,” kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar tersebut.

Begitu pula dengan keberadaan kamar tidur isolasi bagi pasien corona di Rumah Sakit (RS) rujukan masih disiagakan. Total ada 362 tempat tidur isolasi yang disediakan tersebar di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Karanganyar.

“Saat ini tingkat keterisian tempat tidur di RS rujukan masih landai meski ada peningkatan kasus. Kasus Covid-19 masih didominasi tanpa gejala sehingga cukup isolasi mandiri,” kata dia.

Baca Juga: Tak Setop PTM, Bupati Karanganyar: Siswa Lagi Senang-Senangnya Sekolah

Merujuk data, kasus corona aktif di Karanganyar per 6 Februari 2022 ada sebanyak 171 kasus. Sebanyak 157 kasus pasien menjalani isolasi mandiri dan 14 pasien dirawat di rs rujukan Covid-19. Pelacakan warga yang terpapar Covid-19 dan program vaksinasi juga terus dilakukan sebagai upaya menekan persebaran Covid-19 Karanganyar.

“Vaksinasi itu digencarkan agar segera mencapai kekebalan kelompok,” tuturnya.

Vaksinasi dipercepat dengan melibatkan tenaga vaksinator dari seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya