SOLOPOS.COM - Okjek Net. TV (Netmedia.co.id)

Net. TV sudah tiga tahun bersiaran sebagai TV nasional.

Solopos.com, JAKARTA – Tiga tahun sudah televisi swasta, Net. TV bersiaran. Berbagai program unggulan mereka hadirkan untuk merebut perhatian penggemar. Inovasi berbagai siaran pun telah mereka lakukan, salah satunya pada program Entertainment News.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Mengusung tagline No Gossip, Entertainment News dianggap sebagai acara hiburan yang cukup baik, karena menayangkan berita seputar prestasi artis yang menginspirasi, tidak seperti program serupa lainnya yang sering kali menonjolkan berita buruk, seperti gosip, perselingkuhan, konflik pribadi, dan gaya hidup hedonisme.

Ekspedisi Mudik 2024

Komisi Penyiaran Indonesia pun memberikan penghargaan Anugerah KPI 2015 kepada Entertainment News di Net. untuk kategori program acara infotainment terbaik.

Tidak hanya Entertainment News, Net. TV seperti diberitakan Kpi.go.id, Rabu (24/8/2016), juga meraih penghargaan untuk program acara lainnya. Seperti Indonesia Bagus dan Lentera Indonesia. Untuk program acara religi, Muslim Travelers juga pernah mendapatkan Apresiasi Program Acara Ramadhan tahun 2014 dari KPI Pusat.

Namun, penghargaan-penghargaan itu ternyata dirasa belum cukup membantu Net. TV bersaing dalam bisnis pertelevisian tanah air. CEO Netmediatama Wishnutama mengungkapkan, tidak adanya kontrol terhadap rating Nielsen yang menjadi satu-satunya mata uang dalam bisnis pertelevisian adalah masalah yang harus segera dipecahkan.

“Meskipun ada Anugerah KPI dan apresiasi-apresiasi yang lain, namun pada kenyataannya rating Nielsen menjadi the only one barometer kesuksesan program acara,” kata Wishnutama kepada komisioner KPI Pusat di kantor Net., Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Ia menambahkan, walaupun saat ini sudah terdapat parameter-parameter lain untuk mengukur kesberhasilan program, namun 85% masih bergantung pada Nielsen, sehingga Net. TV dihargai murah oleh industri.

Menurut data Nielsen yang dikutip dari materi presentasi Emtek, share penonton tahun 2016 minggu ke 1632 (7-13 Agustus 2016), Net. ada di posisi ke 10 dari 15 televisi berjaringan nasional dengan angka 2,6. Share tertinggi dimiliki oleh RCTI dengan 16,3, posisi kedua SCTV dengan 13,5 dan posisi buncit adalah TVRI dengan 1,1.

Hal ini berbanding terbalik dengan hasil Survei Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Periode 1 tahun 2016 yang dilakukan oleh KPI Pusat, bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi (ISKI) dan 12 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Menurut survei tersebut program acara Net. TV, Tetangga Masa Gitu dan Ok Jek masuk dalam tiga besar program yang paling banyak ditonton masyarakat, masing-masing untuk kategori program sinetron dan komedi. Tetangga Masa Gitu dan Ok Jek masing-masing ditonton oleh 34,6% dari 1200 responden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya