SOLOPOS.COM - 3 Robot R2C siap wakili UKSW di KRI Tingkat Nasional. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Setelah mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022 Tingkat Wilayah 2 pada pertengahan Juni lalu, tiga robot hasil karya mahasiswa Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang tergabung dalam tim Robotics Research Center (R2C) berhasil lolos maju ke tingkat nasional.

Ketiga robot yang akan mewakili UKSW ini adalah R2C Warrior yang akan bertanding di Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, R2C Legacy yang akan bertanding di Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), dan R2C Bima yang akan bertanding di Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D., mengatakan dengan lolosnya 3 robot R2C ke KRI tingkat nasional adalah hasil baik yang harus diapresiasi dan disyukuri.

Baca Juga: KAMPUS DI SALATIGA : R2C UKSW Siap Berlaga di Kontes Robot Indonesia

“Tim R2C kita berhasil menjaga tradisi lolos ke tingkat nasional, karena itulah hal ini patut untuk disyukuri. Mari warga kampus UKSW kita patut memberikan dukungan moril bagi tim R2C ini agar mereka lebih semangat untuk berjuang mencapai prestasi yang lebih baik dari tim R2C pendahulunya,” kata Neil Rupidara dikutip dari siaran pers yang diterima Solopos.com pada Kamis (30/6/2022).

Senada, Wakil Dekan FTEK sekaligus salah sorang dosen pembimbing R2C Gunawan Dewantoro, M.Sc.Eng., juga berharap R2C dapat berjuang sampai akhir dan memberikan hasil maksimal ditingkat nasional tahun ini. Dikatakannya, tahun ini terasa istimewa karena untuk pertama kalinya setelah pandemi Covid-19 KRI dilaksanakan secara luring.

Baca Juga: Ini Pesan Rektor UKSW kepada 559 Lulusan

“Istimewa lagi karena tiga divisi yang diikuti R2C semuanya lolos ke tingkat nasional. Kelolosan ini tentu saja karena keuletan mahasiswa dalam mempersiapkan lomba tingkat wilayah meskipun waktu sangat singkat. Untuk itu, doa saya untuk para mahasiswa yang tergabung dalam R2C agar menikmati suasana kompetisi, berjuang sampai akhir, dan semoga dapat memberikan hasil maksimal di Surabaya nanti,” kata Gunawan Dewantoro yang dihubungi hari ini.

Siap maju nasional

Ditemui beberapa waktu lalu di Laboratorium Robot, tim R2C UKSW menyatakan kesiapannya maju ke tingkat nasional yang diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, mulai 29 Juni 2022 sampai 3 Juli 2022 mendatang.

“Belajar dari lomba di tingkat wilayah kemarin, persiapan untuk maju tingkat nasional terus kami lakukan. Selain melengkapi beberapa sensor seperti jarak, kompas dan juga kamera citra, karena di nasional nanti sistemnya tanding, kami juga menyiapkan strategi bagaimana menghindari robot lawan dan juga menendang ke gawang. Kami berharap bisa masuk tiga besar di nasional tahun ini,” kata Micahel Leonadi mewakili teman-temannya yang bertanding di divisi KRSBI Beroda.

Baca Juga: Gelar Halalbihalal, UKSW Kembali Berikan Beasiswa untuk Jurnalis

Sementara itu, di divisi KRSRI Gusti Ade Wirawan mewakili mahasiswa lainnya menyebutkan untuk maju ke tingkat nasional inovasi dilakukan dengan memasang alat agar robot bisa dengan mudah ketika berjalan naik. Dibimbing oleh Daniel Santoso, M.S., robot KRSRI yang mempunyai tugas menyelamatkan korban dari potensi kebakaran ini juga dilengkapi sensor lainnya seperti sensor kemiringan untuk berlaga.

“Selain itu kami juga mempersiapkan agar kecepatan robot bisa lebih lagi dibanding ketika tingkat wilayah kemarin. Kami berharap bisa lolos 2 besar di nasional nanti,” imbuh Gusti Ade.

Baca Juga: Komitmen Pemenuhan SDGs, UKSW Masuk RankingTimes Higher Education

Tim R2C UKSW Salatiga Bima yang maju di divisi KRTMI juga menargetkan bisa masuk tiga besar nasional. “Setelah di tingkat wilayah dua kemarin kami berhasil masuk empat besar, di nasional ini kami berharap bisa masuk tiga besar. Robot dengan desain baru kami siapkan untuk maju di KRI tahun ini,” kata Jane Erlinda Hadi mewakili tim KRTMI yang dibimbing oleh Dessy Susilo, M.Eng.

Rekomendasi
Berita Lainnya