SOLOPOS.COM - Tahu gimbal Pak Jhon. (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG — Tahu gimbal adalah salah satu kuliner khas Kota Semarang, Jawa Tengah yang sudah ada sejak abad ke-19, tepatnya saat penjajahan Belanda.

Satu porsi kuliner khas Semarang, tahu gimbal ini berisi udang goreng tepung, kol, dan bawang goreng. Kemudian makanan disiram saus kacang dan petis. Perpaduan seluruh jenis makanan itu meninggalkan kesan seperti gimbal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com dari laman perpus.jatengprov.go.id, Sabtu (2/9/2022), makna gimbal pada makanan ini dari gambaran sajian yang berisi tahu goreng berbentuk dadu, udang tepung goreng (gimbal) dengan ukuran cukup lebar, rajangan kol mentah, dan taburan bawang goreng.

Nasi atau pun lontong bisa menjadi pelengkap saat menyantap tahu gimbal. Komponen makanan khas ini kemudian disiram bumbu kacang khas yang menggunakan petis dari udang dengan tekstur sedikit encer.

Ekspedisi Mudik 2024

Bumbu siram itu sekaligus membedakan bumbu kacang tahu gimbal dengan bumbu kacang lain yang umumnya agak kental. Tahu gimbal mudah ditemui di Semarang karena banyak penjual menjajakan makanan khas ini di setiap sudut kota.

Baca Juga : Cerita Tahu Gimbal Pak Jhon di Semarang, Pertahankan Cita Rasa Selama 4 Dekade

Pedagang kaki lima hingga restoran terkenal menyediakan menu makanan khas ini. Nah, apabila Anda ingin menikmati makanan khas Kota Semarang ini, Solopos.com akan merekomendasikan tiga tempat makan tahu gimbal.

1. Tahu Gimbal Lumayan Pak Man

tahu gimbal semarang
Tahu Gimbal Lumayan Pak Man. (Istimewa/Instagram @semarangfood)

Warung ini disebut-sebut sebagai penjual tahu gimbal paling laris di Semarang. Salah satu penyebab racikan makanan tahu gimbal Pak Man lezat. Selain itu, warung mudah dijangkau. Lokasinya ada di Jl. Plampitan No.54, Bangunharjo, Semarang.

Warung tahu gimbal Lumayan Pak Man buka setiap hari mulai pukul 11.15 WIB-16.00 WIB. Tahu Gimbal Pak Man mendapat bintang 4.5 dari 5 dan mendapatkan 1,037 ulasan di Google.

“Dari beberapa tahu gimbal terkenal, yang ini paling enak. Rasanya, porsi mantap, pedas mantap. Tahu gimbal legendaris juga,” ulas akun Febrian Andrologi.

Baca Juga : Warung Tahu Gimbal Pak Edy Satu-Satu di Semarang

2. Tahu Gimbal Pak H. Edy

tahu gimbal semarang
Tahu Gimbal Pak H. Edy. (Istimewa/Instagram @perjalananbagus)

Rekomendasi warung tahu gimbal berikutnya adalah Tahu Gimbal Pak H. Edy. Pada tempat makan ini Pak H. Edy tidak hanya menawarkan tahu gimbal, tetapi juga menu lain, seperti tahu tek, gimbal udang, es durian, dan lain-lain.

Warung tahu gimbal Pak H. Edy mendapatkan bintang 4.7 dari 5 dan mendapatkan 1,131 ulasan di Google. Lokasi warung tahu gimbal Pak H. Edy ini dekat dengan Simpang Lima, tepatnya Jl. Pandanaran No.2, Mugassari, Semarang.

“Seporsi tahu gimbal ini pas. Rasanya mantap dan cocok dimakan kapan saja. Harga ramah di kantong. Sangat direkomendasikan bagi orang yang baru pertama kali pergi ke semarang. Patut dicoba,” tulis M. Gibran Widiharyanto pada kolom review Google.

3. Tahu Gimbal Pak Jhon

tahu gimbal pak jhon, tahu gimbal semarang
Tahu gimbal Pak Jhon. (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Baca Juga : Ini Dia 4 Warung Tahu Gimbal di Semarang Pilihan Netizen…

Tahu gimbal Pak Jhon ini bisa disebut salah satu ikon kuliner kaki lima di Kota Semarang. Kedai tahu gimbal Pak Jhon berada di Jl. Sendowo, tak jauh dari Kota Lama.

Tahu gimbal Pak Jhon berawal dari gerobak keliling kemudian lapak emperan, hingga menyewa kios sendiri. Tahu gimbal Pak Jhon sudah beroperasi selama empat dasawarsa atau 40 tahun.

“Pelanggan setia dari Ungaran sampai Salatiga. Kalau kota-kota lain ada yang mampir setelah baca ulasan di internet dan dari kalangan mereka ada yang datang lagi,” kata Sulis, 34, putra Pak Jhon yang mengelola kedai utama setelah ayahnya membuka cabang di Semarang Timur.

Tahu gimbal Pak Jhon dianggap berbeda dari tahu gimbal lain, yakni terdapat potongan tempe goreng berbentuk dadu dalam sepiring tahu gimbal. Selain itu, kuah kacang terbilang banyak jika dibandingkan kedai lain.

Salah satu pelanggan tahu gimbal Pak Jhon dari Kendal, Boni, 60, mengatakan tahu gimbal Pak Jhon paling enak. “Lokasinya jauh dari tempat tinggal saya di Kendal. Tapi, sejak saya masih muda, ini warung tahu gimbal kesukaan saya,” tuturnya.

Baca Juga : Tahu Gimbal Semarang, Makanan Era Kolonial yang Masih Eksis

Satu pori tahu gimbal Pak Jhon Rp19.000. Warung tahu gimbal Pak Jhon buka mulai pukul 09.00 WIB-17.00 WIB.

Nah, itu tadi tiga rekomendasi warung makan tahu gimbal di Semarang, Jawa Tengah. Jangan lupa mampir ke salah satu warung ini saat Anda berkunjung ke Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya