Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

3 Rekomendasi Nasi Pecel Legendaris Madiun, Salah Satunya Favorit SBY

Anda pernah mencicipi nasi pecel legendaris di Madiun, Jawa Timur? Makanan dari campuran berbagai jenis sayuran hijau yang disiram bumbu kacang ini meninggalkan cita rasa gurih di lidah.
SHARE
3 Rekomendasi Nasi Pecel Legendaris Madiun, Salah Satunya Favorit SBY
SOLOPOS.COM - Depot Nasi Pecel 99, favorit Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (Youtube/Niko_Channel)

Solopos.com, MADIUN — Anda pernah mencicipi nasi pecel legendaris di Madiun, Jawa Timur? Makanan dari campuran berbagai jenis sayuran hijau yang disiram bumbu kacang ini meninggalkan cita rasa gurih di lidah.

Siapa yang tak suka dengan nasi pecel Madiun? Nasi pecel merupakan salah satu makanan favorit masyarakat di Jawa. Nah, nasi pecel menjadi salah satu hidangan khas Kota Madiun.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Sebagaimana dilansir dari madiunkota.go.id pada Selasa (16/8/2022), Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun secara rutin menyelenggarakan festival yang secara khusus mengusung pecel sebagai sajian utama. Festival tersebut dinamai Peceland untuk meningkatkan daya tarik agar dapat dikenal lebih luas.

Tapi tahukah Anda? Apa yang membedakan bumbu pecel Madiun dengan pecel lain? Yang membedakan bumbu pecel khas Madiun dengan pecel lain pada campuran jeruk purut. Itulah yang menjadikan nasi pecel Madiun terasa lebih gurih dan nikmat.

Banyak pilihan warung nasi pecel di Madiun. Anda tak perlu bingung. Berikut ini Solopos.com akan memberikan 3 rekomendasi warung nasi pecel legendaris yang dapat menjadi pilihan Anda saat bertandang ke Kota Pendekar ini.

Baca Juga : Jualan Nasi Pecel Daun Jati, Mbah Simah Madiun Raup Rp600.000-Rp1 Juta/Hari

  1. Depot Nasi Pecel 99

Depot Nasi Pecel 99, favorit Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono
Depot Nasi Pecel 99, favorit Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (Youtube/Niko_Channel)

Daftar rekomendasi nasi pecel legendaris Madiun yang pertama Depot Nasi Pecel 99. Nama 99 diambil karena letaknya di Jl. HOS Cokroaminoto Nomor 99, pusat Kota Madiun.

Melansir dari kanal YouTube Niko_Channel, sebungkus nasi pecel di Depot Nasi Pecel 99 berisi aneka sayur, seperti bayam, kacang panjang, bunga turi, dan taoge yang disiram bumbu pecel.

Kemudian, ditaburi serundeng, orek tempe, kemangi, dan juga petai cina. Tak lupa, kerenyahan karak juga menjadi pelengkap sajian nasi pecel yang disuguhkan pada warung makan Nasi Pecel 99.

Pembeli juga dapat memilih aneka lauk yang tersaji di etalase mulai dari jerohan, paru, telur, ayam, daging, hingga limpa sebagai teman menyantap nasi pecel. Nasi pecel legendaris di Madiun itu dihargai Rp7.000.

Nasi pecel legendaris ini disajikan menggunakan pincuk. Depot Nasi Pecel 99 tak pernah sepi pengunjung ini ternyata menjadi langganan berbagai kalangan, termasuk pejabat.

Baca Juga : Nikmatnya Nasi Pecel Godong Jati Khas Madiun, Sehari Laku 200 Porsi

Hal tersebut tampak dari deretan foto yang berjajar di dinding warung makan tersebut. Misalnya, Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo, dan Sri Sultan Hamengkubuwono X. Bahkan, pecel ini menjadi favorit Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebagaimana diintip dari kanal YouTube Susanto Susanto, SBY dan keluarganya beberapa kali mengunjungi salah satu warung pecel legendaris yang ada di Madiun ini. Depot Nasi Pecel 99 buka dari pukul 06.00 WIB-22.00 WIB.

  1. Pecel Yu Gembrot (Sejak 1942)

Warung Pecel Yu Gembrot, berdiri sejak 1942 dan pernah dikunjungi oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo
Warung Pecel Yu Gembrot, berdiri sejak 1942 dan pernah dikunjungi oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Youtube/Cerita Makan)

Diintip dari kanal YouTube Cerita Rasa, warung nasi pecel Yu Gembrot telah berdiri sejak tahun 1942.  Bertempat di Jl. Imam Bonjol No.33, Warung Pecel Yu Gembrot telah dikelola oleh generasi ketiga.

Anda bisa berkunjung ke warung Pecel Yu Gembrot mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Sepincuk nasi pecel Yu Gembrot berisi nasi, aneka sayuran hijau seperti bayam, daun papaya, bunga turi, dan taoge. Kemudian disiram bumbu pecel khas Madiun.

Baca Juga : Selain Pecel, Berikut Kuliner Khas Madiun yang Wajib Dicoba

Tak lupa taburan serundeng, orek tempe, kemangi, petai cina, dan kerupuk peyek untuk melengkapi sajian pecel tersebut. Pengunjung juga dapat memilih aneka lauk pauk yang tersedia di sana. Hal yang special dari nasi pecel Yu Gembrot adalah olahan lauk, seperti otak, paru, lidah, kikil, dan tetelan.

Dilihat dari deretan pigura yang terpasang di dinding warung milik Yu Gembrot, sebagaimana dilansir dari kanal YouTube Angelina Kusuma, banyak artis hingga pejabat pernah singgah menikmati nasi pecel pincuk khas Madiun. Mulai dari Gogon Srimulat, Dahlan Iskan, sampai Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Seporsi pecel pincuk Yu Gembrot dihargai Rp9.000. Jika menggunakan lauk lengkap dengan potongan daging dan tetelan, Anda dapat merogoh kocek mulai dari Rp21.000.

Jika Anda tak sempat mampir ke Madiun, Pecel Yu Gembrot juga memiliki beberapa cabang di sepanjang Rest Area jalan tol Solo sampai Malang.

  1. Nasi Pecel Pojok

Warung Pecel Pojok yang telah 55 tahun berdiri di Jl HOS Cokroaminoto, Madiun
Warung Pecel Pojok yang telah 55 tahun berdiri di Jl HOS Cokroaminoto, Madiun (Youtube/Budiono Sukses)

Melansir dari kanal YouTube Budiono Sukses, Pecel Pojok terletak di sudut Jl. HOS Cokroaminoto No.121, Madiun. Warung pecel yang dikelola oleh 7 bersaudara ini berdiri sejak sekitar tahun 1967-an.

Baca Juga : Unik! Pasar Pundensari Madiun Sajikan Kuliner Jadul dan Gunakan Uang Bambu

Mulanya, pemiliki nasi Pecel Pojok hanya sekadar berjualan minuman sebelum akhirnya menjadikan nasi pecel sebagai menu spesial. Pecel Pojok buka sejak pukul 05.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

Seporsi nasi Pecel Pojok berisi aneka sayuran seperti bunga turi, kangkung, daun singkong, daun pepaya, dan taoge. Kemudian disiram bumbu pecel khas Madiun. Terdapat dua pilihan bumbu pecel, yakni pedas dan tidak pedas.

Harga satu porsi nasi pecel Rp7.000 bergantung pada jenis lauk yang dipilih. Aneka lauk disajikan mulai dari telur, ayam goreng, tahu bacem, dan lain-lain.

Yang menjadi ciri khas dari Pecel Pojok ini menggunakan kerupuk lempeng atau kerupuk puli. Namun hal tersebut hanya didapat jika Anda makan di tempat. Jika Anda ingin menikmati nasi pecel dengan cara dibungkus maka Anda akan mendapatkan kerupuk peyek sebagai pelengkap.

Jika Anda sengaja berkunjung ke Kota Madiun ataupun sekadar lewat, tak ada salahnya mencoba sajian nasi pecel Madiun.

Baca Juga : Menikmati Lezatnya Pecel Pincuk Kuliner Khas Kota Madiun



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode