3 Provinsi Ini Mengalami Penurunan Kasus Covid-19 yang Signifikan

Kasus Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan beberapa minggu terakhir, khususnya di tiga provinsi berikut ini. Kira-kira di mana saja ya?
3 Provinsi Ini Mengalami Penurunan Kasus Covid-19 yang Signifikan
SOLOPOS.COM - Petugas merapikan tempat tidur ruang isolasi Covid-19 yang berada didalam Kapal Motor (KM) Bukit Raya di Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sumatra Utara, Jumat (20/8/2021). Pengoperasian tempat isoter terapung tersebut untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus dan memudahkan penanganan pasien Covid-19. (Antara/Fransisco Carolio)

Solopos.com, SOLO — Kasus Covid-19 di Indonesia beberapa minggu ini terus mengalami penurunan yang signifikan.

Pada 24 Agustus 2021, laju penularan kasus aktif Covid-19 turun sebanyak 17.014 dari hari sebelumnya menjadi 273.750. Kasus aktif nasional telah mulai konsisten menurun, sejak mencapai puncaknya di bulan Juli yang lalu. Angka kesembuhan juga naik lebih dari 35 ribu per hari.

Baca Juga: Didorong Tingkatkan Peran UMKM Pangan, TPID Sebut Inflasi Solo Masih Terkendali

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, terdapat tiga wilayah di Indonesia mengalami penurunan kasus Covid-19 yang signifikan, yakni Papua Barat, Maluku dan Jawa Tengah.

“Penurunan kasus signifikan terutama terjadi di Provinsi Papua Barat, Maluku dan Jawa Tengah dengan persentase penurunan kasus tertinggi dibandingkan pekan sebelumnya,” terang Nadia dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Rabu (25/8/2021).

Baca Juga: Masih Dilarang, Disdik Solo Tetap Siapkan Skenario PTM

Dia menambahkan, penurunan kasus sangat berhubungan dengan jumlah orang yang diperiksa sehingga pihaknya selalu mendorong provinsi/kabupaten-kota untuk terus meningkatkan testing di wilayah masing-masing.

Kementerian Kesehatan juga mencatat juga jumlah kematian mingguan menurun sebesar 16% dibandingkan minggu sebelumnya. Meskipun begitu, dengan level yang masih tinggi secara nasional maupun provinsi/kabupaten-kota harus terus diwaspadai untuk mencegah terjadinya keparahan yang dapat berpotensi menyebabkan kematian.

Baca Juga: Arsenal hingga Southampton ke Putaran Ketiga, Ini Hasil-Hasil Laga Piala Liga Inggris

“Pekan lalu kita mencatatkan angka testing rate sebesar 2.54 per 1000 penduduk per minggu,” katanya.

Penurunan kasus Covid-19 juga diikuti dengan keterisian tempat tidur atau BOR RS yang menurun. Jika dilihat per provinsi, semua provinsi berada dibawah 70% Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur. Angka rata-rata BOR nasional per 24 Agustus ada pada angka 31,15%.

Baca Juga: Disdikbud Sukoharjo Kebanjiran Pertanyaan dari Sekolah Kapan PTM Dimulai

Hal lain yang juga disampaikan dr. Nadia ialah saat ini Indonesia menduduki peringkat 6 dunia dalam hal jumlah orang yang telah divaksin dan posisi ke 7 dunia dalam hal jumlah dosis vaksinasi. Menurutnya, lebih dari 57,78 juta penduduk indonesia telah divaksin dua kali maupun satu kali.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membedakan Nyeri Dada karena Gangguan Paru, Lambung atau Jantung?


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago