SOLOPOS.COM - Candi Borobudur, menjadi situs Budha terbesar di dunia (Indonesia.go.id)

Solopos.com, SOLO–Tahukah Anda? 3 di antara 10 negara yang tergabung dalam ASEAN mempunyai kesamaan yang menjadi fakta menarik.

Indonesia, Malaysia, dan Singapura, ketiganya dikenal sebagai negara yang memiliki satu rumpun kebangsaan yakni melayu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Melansir dari laman resmi kenegaraannya yakni Indonesia.go.id, Malaysia.gov.my, serta Gov.sg, Rabu (23/11/2022), ketiga negara tersebut memperingati bulan kemerdekaan yang sama yakni Agustus. Selain itu baik wilayah Indonesia, Malaysia, dan Singapura pernah diduduki oleh Kerajaan Sriwijaya.

Kendati memiliki kesamaan, namun masing-masing baik Indonesia, Malaysia dan Singapura mempunyai keunggulannya sendiri. Berikut ini Solopos.com rangkumkan untuk Anda keunggulan apa saja yang dimiliki oleh ketiga negara tersebut, melansir dari berbagai sumber :

1.Indonesia

Candi Borobudur, menjadi situs Budha terbesar di dunia
Candi Borobudur, menjadi situs Budha terbesar di dunia (Indonesia.go.id)

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan dengan luas wilayahnya yang mencapai 7,81 juta km persegi dengan luas lautan mencapai 3,25 juta km persegi. Dari total luas wilayah tersebut, melansir dari kkp.go.id, Indonesia memiliki 17.499 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Lebih dari setengah wilayah Indonesia diisi oleh lautan. Berkatnya, Indonesia unggul di sektor perikanan dengan beragam jenis hasil laut yang dimilikinya. Menurut data KKP, pada 2019 lalu hasil ekspor perikanan di Indonesia mencapai Rp73.681.883.000.

Tak hanya hasil lautnya, letak geografis Indonesia yang berada di tengah garis khatulistiwa ternyata membawa keberuntungan tersendiri. Indonesia memiliki iklim tropis yang membuatnya unggul di bidang pertanian. Menurut sejarah, kekayaan ini yang menarik penjajah untuk meraup untung dari hasil bumi Indonesia di masa lampau.

Lalu, dikutip dari laman kominfo.go.id, Indonesia juga kaya akan keragaman budayanya. Saking kayanya akan budaya, Indonesia tercatat memiliki 742 bahasa atau dialek yang terdiri dari 478 suku bangsa. Kerennya lagi, meskipun mempunyai banyak perbedaan, Indonesia dikenal dengan Bhineka Tunggal Ika nya.

Keunikan dan ciri khas yang dimiliki oleh Indonesia ini membuatnya unggul pada sektor pariwisata. Warna-warni pakaian adat, kesenian, hingga kuliner menjadi daya tarik tersendiri.

Sebagai salah satu negara muslim, Indonesia terkenal dengan dua situs Buddha dan Hindu yang mendunia. Yakni Candi Borobudur di Magelang dan Candi Prambanan di perbatasan Klaten dan Sleman. Beberapa destinasi lainnya yang mendunia adalah Pulau Bali, Pulau Komodo, Pulau Gili Trawangan di Lombok, kawasan Raja Ampat di Papua, dan masih banyak lagi.

Pada abad ke-7, sebuah kerajaan terbesar pernah didirikan di Palembang, Sumatera Selatan oleh Dapunta Hyang dan Sri Jayanasa.

Dikutip dari Indonesia.go.id, ketika itu Kerajaan Sriwijaya pernah mencapai kejayaannya sebelum akhirnya digeser oleh Majapahit hingga melarikan diri ke wilayah Melaka yang ada di Malaysia.

2. Malaysia

Petronas Twin Tower menjadi ikon pariwisata negara Malaysia
Petronas Twin Tower menjadi ikon pariwisata negara Malaysia (tourism.gov.my)

Kemudian terdapat negara Malaysia yang memiliki ibu kota di Kuala Lumpur. Malaysia memiliki wilayah seluas 328.847 km persegi yang terbagi menjadi dua bagian yakni Malaysia Barat dan Malaysia Timur. ditengok dari kanal youtube Info Unik, Malaysia merupakan negara kesultanan tertua dan tertinggi di dunia.

Melansir dari kanal youtube Invoice Indonesia, sebagian wilayah Malaysia dahulu merupakan bagian dari Kerajaan Sriwijaya. Pada masa pemerintahan Pangeran Parameswara, Sriwijaya yang terdesak dengan kehadiran Majapahit pernah melakukan pelarian dari Palembang, Sumatra Selatan ke wilayah yang kini dikenal dengan Melaka. Bahkan Parameswara mendirikan kerajaan baru yang berjaya selama satu abad.

Di sektor ekonomi, Malaysia unggul sebagai produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Bahkan dahulu Malaysia juga sempat menjadi penghasil timah terbesar di dunia. Tak hanya itu, Malaysia juga unggul di sektor pariwisatanya.

Sebagai negara yang dikenal multi etnis, Malaysia menjadi pusat berkumpulnya berbagai kebudayaan. Selain itu, berbagai destinasi wisata juga layak untuk Anda kunjungi. Sebut saja wilayah Melaka yang mempunyai daya tarik wisata arsitekturnya.

Bagi Anda yang tertarik dengan wisata kuliner, Anda dapat bertandang ke wilayah Penang. Tak hanya kuliner, Penang juga menyuguhkan pemandangan indah. Untuk wisata religi, bagi umat muslim Anda dapat menjadikan beberapa Masjid Raya sebagai destinasi tujuan.

Malaysia juga memiliki situs agama Hindu yakni Batu Caves, serta kawasan Pecinan yang tak kalah seru. Selain deretan destinasi di atas, Malaysia memiliki Menara kembar Petronas yang menjadi ikon pariwisata di negara tersebut.

3.Singapura

Merlion, lambang negara Singapura
Merlion, lambang negara Singapura (visitsingapore.com)

Lain lagi dengan Singapura. Dibandingkan dengan Indonesia dan Malaysia, Singapura justru memiliki luas wilayah yang paling kecil. Sebagaimana diberikatakan Solopos.com pada 23/11/2022, Singapura hanya memiliki luas 718 km persegi.

Namun tahukah Anda? Sama halnya dengan Malaysia, menurut sejarah, dahulu Singapura merupakan bagian dari Kerjaan Sriwijaya, lo! Letaknya yang strategis membuat Singapura bahkan menjadi rebutan berbagai kerajaan baik dari Indonesia hingga Thailand. Bahkan, di abad ke-14, sejarah proses berdirinya Singapura tertuang dalam kitab Negarakertagama yang ditulis oleh Empu Prapanca.

Ditengok dari kanal youtube Invoice Indonesia, kehebatan negara kecil ini membawanya termasuk ke dalam Macan Asia. Setidaknya istilah kecil-kecil cabe rawit cocok untuk disematkan kepada Singapura. Karena meskipun kecil, Singapura merupakan negara paling maju baik di sisi ekonomi maupun teknologi yang ada di Asia Tenggara. Kemajuan Singapura bahkan membawanya sebagai negara yang paling ramah bisnis di dunia.



Bagi Anda yang pernah terbang ke Singapura, Anda pasti dibuat kagum dengan Bandara Changi. Bandara tersebut digadang-gadang sebagai bandara tebaik di dunia. Berbagai fasilitas yang disediakan bandara tersebut sungguh memanjakan pengguna jasanya. Tak kalah menariknya, Singapura dikenal dengan sistem transportasinya yang telah terintegrasi dengan baik.

Jika dilihat dari sektor pariwisata, Singapura juga menawarkan banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Sektor parisiwata menjadi penyumbang PDB tertinggi di Singapura. Bahkan pada tahun 2018, tercatat 18,5 juta wisatawan bertandang ke negara berlambang singa tersebut. Sebut saja Sentosa Island, Marina By Sands, dan Garden By The Bay dengan taman tropisnya yang berusia 150 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya