SOLOPOS.COM - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (ketiga kiri) didampingi Wamendag Jerry Sambuaga (tengah) menjawab pertanyaan wartawan seusai mengikuti serah terima jabatan menteri perdagangan di Gedung Kemendag, Jakarta, Rabu (15/6/2022). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/rwa)

Solopos.com, JAKARTA—Tiga kader Partai Amanat Nasional (PAN) menguat menggantikan posisi Wakil Ketua MPR yang ditinggalkan Zuklifli Hasan karena dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menjadi Menteri Perdagangan dalam reshuffle kabinet, Rabu (16/6/2022). Tiga nama itu adalah Eddy Soeparno, Asman Abnur dan Yandri Susanto.

Ketua Fraksi PAN di DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan pelantikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjadi menteri perdagangan punya konsekuensi pergantian kepemimpinan di tubuh MPR yang selama ini dipegang oleh PAN. Karena itu, setidaknya tiga nama dinilai paling berpeluang untuk menggantikan posisi pimpinan parlemen tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Saleh, ketiga kader PAN yang menguat menggantikan posisi Zulkifli Hasan adalah anggota Komisi VII DPR PAN Asman Abnur, Sekjen PAN Eddy Soeparno dan nama Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Zulkifli Hasan Jadi Menteri, Ini Penggantinya di Pimpinan MPR RI

Menurut Saleh, pergantian itu belum segera dilakukan karena keputusan masuknya PAN ke Kabinet Indonesia Maju baru diketahui setelah Zulkifli Hasan dilantik menjadi menteri perdagangan.

“Tentu kami akan bahas dulu soal pergantian pimpinan MPR di internal partai sebelum diajukan nantinya,” ujarnya ketika dihubungi Bisnis terkait kepimpinan PAN di MPR, Rabu (15/6/2022).

Saleh mengaku hingga kemarin belum ada informasi resmi di internal partai bahwa Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akan masuk ke kabinet.

Baca Juga: Dilantik Jadi Menteri Perdagangan, Ini Janji Pertama Zulkifli Hasan

Dari ketiga nama di atas, Asman Abnur pernah menjadi menteri. Dia adalah Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia pada Kabinet Kerja sejak 27 Juli 2016 hingga 14 Agustus 2018. Dia juga punya latar belakang seorang pengusaha sebagaimana Zulkifli.

Sebelumnya Ketua DPP PAN Pangeran Khairul Saleh mengatakan Zulhas, panggilan Zulkifli Hasan, telah menyiapkan penggantinya sebagai Wakil Ketua MPR RI. Menurut Pangeran, salah satu calon pengganti Zulhas di MPR adalah Sekjen PAN Eddy Soeparno. Eddy Soeparno saat ini merupakan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI yang mengurusi masalah energi, riset dan inovasi serta industri.

Sementara Yandri Susanto adalah kader PAN asal Bengkulu yang menjadi Ketua Komisi VIII. Dia adalah anggota DPR RI selama tiga periode (2012–2014, 2014–2019 dan 2019–2024). Pada periode ketiga, ia mewakili daerah pemilihan Banten II yang meliputi Kabupaten Serang, Kota Cilegon, dan Kota Serang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya