SOLOPOS.COM - Mantan Presiden AS Barack Obama dan Michelle Obama tiba di Gedung US Capitol untuk menghadiri pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS, Rabu (20/1/2021). (Bisnis-Nancy Junita)

Solopos.com, JAKARTA — Tiga mantan presiden Amerika Serikat menghadiri pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris, Rabu (20/1/2021) waktu setempat. Sesuai kewajiban memakai masker sebagai salah satu hal yang yang diberlakukan pemerintah AS untuk pelantikan itu, ketiganya kompak mematuhinya.

Kewajiban itu berlaku untuk siapapun, tak terkecuali Joe Biden dan Kamala Harris yang dilantik. Alhasil, para mantan presiden Amerika itu pun hadir menggunakan penutuip hidung dan mulut tersebut. Pada masa Donald Trump, aturan itu cenderung diabaikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk pelantikan Joe Biden hari ini, Rabu waktu setempat, ada tiga mantan Presiden Amerika yang hadir. Mereka adalah Bill Clinton, George W. Bush, dan Barack Obama.

Waspada! Kata Astrologi Barat Ada 5 Zodiak Penggoda

Ekspedisi Mudik 2024

Mereka hadir di lokasi pelantikan sesuai urutan pemerintahan mereka. Adapun ketiganya sudah hadir sejak pukul 10.30 waktu setempat.

Mantan Presiden Jimmy Carter memutuskan untuk tidak hadir. Tahun lalu, ia mengatakan bahwa ketidakhadirannya karena alasan kesehatan. Walau begitu, dirinya mendoakan yang terbaik untuk Joe Biden serta Kamala Harris.

Trump Tak Hadir

Seperti Carter, Donald Trump juga memutuskan untuk tidak hadir. Donald Trump tidak pernah menyatakan apa alasannya. Beberapa pihak menduga hal itu berkaitan dengan kerusuhan di US Capitol di mana Donald Trump diyakini terlibat.

Ramalan Bintang 2021: Apakah Zodiakmu Beruntung?

Kurang lebih 2,5 jam sebelum pelantikan Joe Biden dimulai, Donald Trump memberikan ucapan perpisahan termasuk mendoakan penerusnya itu. Donald Trump yakin pemerintahan Joe Biden akan sukses, salah satunya berkat kebijakan-kebijakan yang ia tinggalkan.

"Saya mendoakan administrasi yang baru agar sukses. Saya rasa mereka akan sukses. Mereka punya fondasi yang bagus," ujar Donald Trump, tanpa menyebut nama Joe Biden, dari Joint Base Andrews, Maryland.

Meski Donald Trump tidak hadir, Wakil Presiden Mike Pence hadir mewakili administrasinya. Ia diundang oleh Joe Biden yang mengaku senang Donald Trump tidak akan hadir.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya