3 Kuliner Daging Anjing Populer di Solo
Solopos.com|soloraya

3 Kuliner Daging Anjing Populer di Solo

Ada tiga jenis kuliner olahan daging anjing yang cukup terkenal dan banyak digemari masyarakat di Kota Solo.

Solopos.com, SOLO – Kebiasaan mengonsumsi daging anjing di Kota Solo, Jawa Tengah, kembali menjadi sorotan. Kota Benggawan bahkan diijuluki sebagai surganya kuliner anjing.

Komunitas Dog Friend Suurakarta pada 2017 lalu mencatat setidaknya ada 1.200 ekor anjing yang dipotong setiap hari untuk dikonsumsi. Sebagian besar anjing tersebut didatangkan dari Jawa Barat maupun Jawa Timur.

Diihimpun dari berbagai sumber, Senin (19/4/2021), Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah mencatat Solo sebagai kota dengan jumlah konsumsi daging anjing tertinggi se-provinsi.

Baca juga: Sate Jamu: Kuliner Daging Anjing Populer di Solo yang Sempat Menipu

Jumlah konsumsi daging anjing di Solo bahkan diklaim jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Sulawesi Utara yang terkenal dengan berbagai kuliner ekstrem.

Hal ini lantas memicu protes dari sejumlah pihak, khususnya pencinta binatang. Sebab proses mengolah anjing hidup hingga menjadi olahan kuliner memiliki cerita ngeri karena dianggap sebagai peenyiksaan.

Baca juga: Sengsu: Proses Seekor Anjing Jadi Olahan Kuliner di Kota Solo

Pasalnya anjing-anjing tersebut tidak disembelih selayaknya hewan lain, melainkan dipukul, dicekik, atau ditenggelamkan sampai mati. Hal ini dilakukan karena sejumlah pelanggan menilai daging anjing terasa lebih nikmat jika darahnya tidak mengalir.

Sebagai tempat yang diklaim sebagai surga kuliner anjing, ada beeberapa jenis masakan populer dari binatang tersebut. Berikut ulasannya:

Sate Jamu

Sate jamu merupakan sebutan bagi satai daging anjing. Olahan ini cukup populer di kalangan penyuka kuliner tersebut. Bahkan nama sate jamu ini sempat menipu warga luar Kota Solo sampai akhirnya diprotes setelah dipahami bahan yang diolah adalah daging anjing.

Baca juga: Cerita Ngeri di Balik Sajian Kuliner Daging Anjing di Solo

Rica Guguk

Selain sate, rica guguk merupakan salah satu kuliner anjing yang laris manis. Hampir semua bagian dari tubuh anjing bisa dimasak menjadi makanan bercita rasa pedas ini.

Sengsu

Sengsu atau tongseng asu merupakan jenis olahan daging anjing yang populer di Kota Solo dan Jogja. Makanan yang satu ini cukup sering dipesan pelanggan, sehingga banyak warung yang menjajakannya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago